HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MA SHOLAHUDDIN DEMAK

  • Zaim Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Tri Suyati Bimbingan dan Konseling FIP UPGRIS Semarang
  • Ismah Bimbingan dan Konseling FIP UPGRIS Semarang
Keywords: Kepercayaan Diri, Komunikasi Interpersonal, MA Sholahuddin Demak

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui mengenai kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024. Dengan menggunakan pendekatan korelational, alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan sampel populasi. Dari hasil perhitungan kedua variable memperoleh hasil signifikan. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 97 dengan taraf signifikan 5% sebesar -0,230 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang cukup siginidikan. Oleh karena itu | r hitung | 1 | > | r tabel |  -0,230 apabila dicocokkan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara variabel kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal terdapat korelasi yang rendah. Namun dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amelia, M. A. (2016). Analisis Soal Tes Hasil Belajar High Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Materi Pecahan untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, 20(2).
Desriana, B. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap Kepercayaan Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 386-394.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hulukati, Wenny. 2016. Pengembangan diri siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan
Prayitno & Erman Amti. 2008. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
SURYANI, Cicih Dewi. Peningkatan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2018, 18.3: 252-269.
(SISDIKNAS) pasal 3
Yulianti, T. E. (2020). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah/Aisyiyah Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Published
2024-04-18
How to Cite
Zaim Setiawan, Tri Suyati, & Ismah. (2024). HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MA SHOLAHUDDIN DEMAK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 202 - 207. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2818