HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X MA SHOLAHUDDIN DEMAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui mengenai kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2024. Dengan menggunakan pendekatan korelational, alat ukur yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MA Sholahuddin Demak. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan sampel populasi. Dari hasil perhitungan kedua variable memperoleh hasil signifikan. Sedangkan nilai r tabel untuk jumlah sampel 97 dengan taraf signifikan 5% sebesar -0,230 yang berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang cukup siginidikan. Oleh karena itu | r hitung | 1 | > | r tabel | -0,230 apabila dicocokkan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara variabel kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal terdapat korelasi yang rendah. Namun dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas X MA Sholahuddin Demak.
Metrics
References
Desriana, B. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Simulasi Terhadap Kepercayaan Diri. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 386-394.
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hulukati, Wenny. 2016. Pengembangan diri siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan
Prayitno & Erman Amti. 2008. Dasar-dasar bimbingan dan konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
SURYANI, Cicih Dewi. Peningkatan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas X PS2 SMK Negeri 1 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2018, 18.3: 252-269.
(SISDIKNAS) pasal 3
Yulianti, T. E. (2020). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah/Aisyiyah Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).