KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG

  • Aji Prasetyo Universitas PGRI Semarang
  • Joko Siswanto Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang
  • Fredirica Yudina Numareta Pendidikan Profesi Guru, Universitas PGRI Semarang
Keywords: Metode Diskusi, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Alat yang kurang memadai menyebabkan pembelajaran matematika tidak menarik perhatian siswa. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa yang sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas peningkatan hasil belajar siswa melalui metode diskusi pada pelajaran matematika siswa kelas 2SD. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain experimental, desain ini menggunakan nilai pretest dan nilai postest. Subjek penelitian yaitu kelas 2SD sebanyak 27 siswa Berdasarkan hasil observasi awal hasil belajar pelajaran matematika dilihat sebelum penggunaan metode diskusi, ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM sebanyak 16 siswa dan 11 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dengan rata-rata yaitu sebesar 41% di angka yang cukup kurang. Setelah menggunakan metode diskusi dilihat siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 19 siswa dan 8 siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM dengan rata-rata yaitu sebesar 70%. Maka, pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2SD.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abimanyu, Soli, dkk. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdikans.
Afifah, N. (2017). Pembelajaran dengan metode diskusi kelas. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 53-65.
Afrida, Ely. (2019). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas II. D SD Negeri 64/IV Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 282-291.
Ahmad, Mawardi dkk. (2018). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64-84
Djamarah, Sayiful Bahri. (2003). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi TPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318.
Miasari, N. M. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil pada Siswa Kelas VI Semester II SD Negeri 2 Peguyangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 59–70.
Murwanti, Katarina. (2014). Penggunaan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(9).
Mustamin, H. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 22(1), 180–192.
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rinika Cipta.
Rusmiati, Ni Made. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn Siswa Kelas VI Melalui Metode Diskusi Kelompok Kecil. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 36-42.
Syafruddin. (2017). Implementasi Metode Diskusi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73
Tambak, Sahraini. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1-20.
Twiningsih, A., & Sayekti, T. (2020). Peningkatan Keterampilan Berhitung Siswa melalui Media Kotak Ajaib Berbasis STEM pada Materi Konsep Penjumlahan. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1).
Wood, D.F. (2003). ABC Of Learning and teaching in medicine: Problem Based Learning. Clinical Review: BMJ Volume 326.
Published
2024-04-10
How to Cite
Aji Prasetyo, Joko Siswanto, & Fredirica Yudina Numareta. (2024). KEEFEKTIFAN METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 2 SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 125 - 135. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2798