OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN TUIS II KABUPATEN TANGERANG

  • Jati Achmad UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Euis Rahmawati UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
  • Reksa Pribadi UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA
Keywords: Kompetensi Pedagogik, karakter siswa, Kegiatan Pembelajaran

Abstract

Kompetensi merupakan kemapuan terhadap suatu tugas, keterampilan, sikap, dan semua aktivitas yang diperlukan untuk mendukung suatu keberhasilan. Melalui optimalisasi kompetensi pedagogik diharapkan guru mampu membangun pengalaman belajar yang optimal dengan menjadikan sebuah proses pembelajaran sebagai sarana penguatan karakter melalui kegiatan belajar tersebut. Tujuan dari penelitian iniĀ  adalah untuk mengetahui bagaimana proses penguatan karakter siswa melalui implementasi kompetensi pedagogik guru dan bagaimana hasil dari optimalisasi dan implementasi kompetensi pedagogik guru terhadap karakter siswa. Di dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mengguanakan metode observasi dan wawancara. Selanjutnya reduksi data, penyajian data dan verifikasi dilakukan sebagai langkah dalam teknik analisis data. Dari hasil penelitian ditemukan hasil dari optimalisasi dan implementasi kompetensi pedagogik guru terhadap karakter siswa sudah baik dimana siswa mengalami perubahan dalam penerimaan materi dari guru, Siswa lebih mengerti dan memulai untuk penerapan karakter baik, Siswa lebih tertib selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran, dan Siswa menunjukkan rasa patuh terhadap peraturan di sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Djamarah, Syaiful Bahri. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendidikan Teoritis Psikologis). Jakarta: Rineka Cipta
Gunawan Heri. 2017. Pendidikan Karakter: konsep dan Implementasi. Bandung: Alvabeta
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikat Guru. Jakarta: Rajawali.
Sadulloh, Uyoh. Muharram Agus, dan Bambang Robandi. (2018). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi IV(Yogyakarta: PT Rineka Cipta, 2006).
Sugiyono, Metode Penelitia Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif(Bandung: Alfabeta, 2009).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D(Bandung: Alfabeta, 2015)
Published
2021-12-30
How to Cite
Achmad, J., Rahmawati, E., & Pribadi, R. (2021). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEBAGAI SARANA PENGUATAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SDN TUIS II KABUPATEN TANGERANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 241 - 255. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.218