PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD

  • Tantina Mindrianingsih Universitas Islam Raden Rahmat Kepanjen
  • Yulia Eka Yanti
Keywords: Media Plotagon, Kinemaster, Minat Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran tema 7 kelas II SD Negeri 3 Babadan. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kevalidan media video animasi bebasis Plotagon dan Kinemaster dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 2) Untuk mengetahui kelayakan media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster dalam materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 3) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas II di SD Negeri 3 Babadan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan metode Research and Development (R&D) mengacu pada model ADDIE. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan meliputi: observasi, pengisian angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster valid dan layak sebagai media pembelajaran dengan revisi berdasarkan saran para ahli materi dan media. Minat belajar peserta didik sebelum menggunakan media video animasi sangat rendah total skor keseluruhan 1093,75 dengan rata-rata 54,68 ketuntasan klasikal mencapai 20%. Setelah menggunakan media video animasi mengalami peningkatan yang cukup signifikan, total skor keseluruhan meningkat mejadi 1882,25 rata-rata 94,11 ketuntasan klasikal 100%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster valid dan layak digunakan dalam meningkatkan minat belajar peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti.
Kemendikbud. 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah (Online) diakses pada tanggal 30-7- 2021
Munir. 2017. Multimedia dan Konsep Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Permatasari, dkk. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hand Move dengan Konteks Lingkungan pada Mapel IPS. https://www.ejournal.radenintan.ac.id.pdf. (Online) diakses pada tanggal 27-10-2020 Pukul 19.50 Vol. 6 No.1
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sudarma, dkk. 2015. Desain Pesan Kajian Analitis Desain Visual Teks Dan Image. Graha Ilmu.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujanto, A. 2013. Psikologi Umum. Cet. VII; Jakarta: Aksara Baru.
Tirtarahardja, U dan Sulo, L. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Wahyudi, N. G. (2019). Desain Pesan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Era Digital. 3(1), 15–16.
Published
2022-01-01
How to Cite
Mindrianingsih, T., & Yulia Eka Yanti. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 606 - 618. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.189