ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keaktifan belajar peserta didik dengan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik di kelas II D SDN Bugangan 03 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas II D SDN Bugangan 03 Semarang.
Kata Kunci: keaktifan, PBL, tematik
Metrics
References
Akbar, dkk. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aisyah, S., & Astuti, R. (2021). Analisis Mengenai Telaah Kurikulum K-13 Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6120-6125.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), Vol 9 No 2, 292-299.
Harwati, C. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 51-55.
Kanza, Nanda Rizky Fitrian, dkk. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol 9 No 2, 71-77.
Kholifah, Mahrojatin, dkk. (2023). Analisis Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di SD Supriyadi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol 5 No 2, 3129-3134.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 4 SD. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 287-293.
Riziqsiwi, F. F., Budiman, M. A., & Reffiane, F. (2021). Analisis Keterkaitan Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal
Setyawati, Suci, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, Vol. VI No. 2, 93-99.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Undang-Undang RI.
Untoro, M. J. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri Terbansari 1 pada Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.(Skripsi)(https://repository.usd. ac. id/20781/, diakses pada 13 Februari 2021).