PENGEMBANGAN INSTRUMEN SUPERVISI BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN
Abstract
ABSTRAK
Sriyanto. 2023. "Pengembangan Instrumen Supervisi Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran". Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Sumarno, M.Pd (2) Dr. Muhtarom, M. Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM terhadap meningkatkan mutu pembelajaran di SD?, (2) Bagaimana kepraktisan instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD?, (3) Bagaimana deskripsi hasil penerapan instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui validitas instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM terhadap peningkatan mutu pembelajaran di SD, (2) mengetahui keefektifan instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD, (3) mendeskripsikan hasil penerapan instrumen supervisi pembelajaran berbasis STEM di SD.
Populasi dalam penelitian ini adalah 22 Sekolah Dasar di Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D). dengan menggunakan metode pengembangan model ADDIE (Assume, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan mengembangkan instrumen supervisi akademik yang berkualifikasi baik dengan memperhatikan tiga aspek kualitas yaitu valid, praktis, dan efektif.
Berdasarkan hasil pengujian Ahli pembelajaran STEM diperoleh hasil instrumen supervisi dirumuskan dengan jelas dan sesuai dengan kebutuhan sekolah, indikator yang digunakan dalam instrumen supervisi dapat mengukur kinerja guru dalam menerapkan STEM. instrumen supervisi STEM yang digunakan telah memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan analisis angket guru didapatkan kesimpulan instrument supervisi layak digunakan karena mencapai tujuan supervisi. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa dengan menggunakan metode N-Gain, instrument supervisi pembelajaran berbasis STEM dapat meningkatkan mutu pembelajaran di SD pada kategori sedang.
Kata Kunci: supervisi, STEM, mutu pembelajaran
Metrics
References
Permendikbud No. 21, 22, 23 Tahun 2006 tentang Standar Lulusan, Standar Proses, dan Standar Penilaian. Jakarta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Buku Pegangan Kuliah, Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional.2007. Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 12 / 2007 tanggal 28 Maret 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/Madrasah. Jakarta: BNSP.
Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Supervisi Akademik Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: Depdiknas, 2010.
Presiden Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Deputi Menteri Sekretariat Negara Bidang Perundang-Undangan, 2005.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (edisi Revisi Cetakan Ketiga). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Breiner, J., Harkness, S., dkk. 2012. What is STEM? A discussion about conceptions of STEM in education and partnerships. School Science and Mathematics, 112(1), p. 3-11.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. PISA 2012 Results in Fokus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know. OECD.
Morrison, J. 2006. STEM education monograph series: Attributes of STEM education. Baltimore: Teaching Institute for Essential Science.