PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • Tileo Novianto Universitas PGRI Semarang
  • Wawan Priyanto Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang
Keywords: Pembelajaran, Literasi, Sekolah Dasar

Abstract

Novianto, Tileo NPM 18120309 “Pengembangan Aplikasi Pembeljaran Tematik Kelas IV di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2023.

Kemampuan literasi merupakan salah satu aspek utama pendidikan untuk memperkuat keterampilan dan kompetensi pembelajaran peserta didik Sekolah Dasar. Media pembelajaran yang sering digunakan ialah ceramah, tanya jawab, pembelajaran demontrasi dan diskusi, selama mengajar di kelas IV masih jarang menggunkan media pembelajaran yang interaktif masih secara manual dengan menggunakan buku, pada proses pembelajaran berlangsung anak anak kurang atusias karena merasa bosan.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kepraktisan dan kevalidan aplikasi pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepraktisan dan kevalidan aplikasi pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar.

Produser penelitian dan pengembangan ini melakukan penerapan prosedur ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Baturejo 01 dan SD Islam Sukolilo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket.

Hasil uji penilaian ahli materi dan media pembelajaran adalah 94,5%. Dimana skor tersebut tertera antara interval 81%-100% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil angket respon guru sebesar 92,3% dan siswa sebesar 99,5%. Dimana skor tersebut tertera antara interval 81%-100% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil validasi ahlimateri dan media serta hasil angket guru dan siswa, maka media pembelajaran tematik kelas IV di Sekolah Dasar valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu pihak sekolah sebaiknya mendorong dan memfasilitasi guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang mampu bertahan lama dan menarik bagi peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, S. H. (2021). PengembaganMedia Aplikasi Smart Apps Creator Tema 5 Cuaca Pda Siswa Kelas III SD Godong.
Ayuningtyas, S. (2019). Media Pembelajaran Alat Musik Tradisional Menggunakan Android Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 4 Tulungagung. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik tema pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.
Muliani, R. D. M. R. D., & Arusman, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133-139.
Ningrum, C. H. C., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Pembentukan karakter rasa ingin tahu melalui kegiatan literasi. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 69-78.
Sadiman, dkk. (2015). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: CV Rajawali. Arsyad Azh.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatid dan R&D.
Widyowati, F. T., Rahmawati, I., & Priyanto, W. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Membaca Mengeja Berbasis Aplikasi untuk Kelas 1 Sekolah Dasar. International Journal of Community Service Learning, 4(4), 332-337.
Published
2023-09-30
How to Cite
Tileo Novianto, Wawan Priyanto, & Muhammad Arief Budiman. (2023). PENGEMBANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 886 - 895. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1654