PENGEMBANGAN MEDIA DIGITALMATH CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD

  • Leni Diah Putri universitas pgri semarang
  • Ida Dwijayati Program Mag|ister Pendidikan Dasar Fakultas Pascasarjana, Universitas Pgri Semarang
  • Ngatmini Program Mag|ister Pendidikan Dasar Fakultas Pascasarjana, Universitas Pgri Semarang
Keywords: digital Math Crossword Puzzle, Matematika, Pecahan

Abstract

Leni Diah Putri,  2023 “Pengembangan Media Digital Math Crossword Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan pada Siswa kelas III SD”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Ida Dwijayanti, M. Pd.; (2) Dr. Ngatmini, M. Pd.

 

Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran yang baik dapat membantu peserta didik dalam mencapai kompetensi. Media yang digunakan dalam pembelajaran Matematika masih kurang optimal. Media yang digunakan guru ada kecenderungan dititik beratkan hanya ada satu. Padahal banyak pilihan sumber belajar yang dapat digunakan. Media pembelajaran belum pernah mencoba dan menggunakan media dalam betuk digital menggunakan software adobe flash karena kurang faham dengan perkembangan teknologi saat ini. Dengan tidak adanya media pembelajaran matematika yang menggunakan aplikasi adobe flash terlebih pada materi pecahan. Masalah-masalah yang ada memberikan ide kepada peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif dilengkapi teka-teki silang berbasis flash pada materi pecahan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media digital Math Crossword Puzzle untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pecahan pada siswa kelas III SD serta menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan 4D yang diadaptasi dari model pengembangan Thiagarajan dan Semmel dengan tiga langkah yakni1) Define (pendefinisian); (2) Design (perancangan); (3) Develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan tes, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data produk, analisis data awal, uji t dan uji gain.

Hasil penelitian menunjukkan media digital Math Crossword Puzzle layak digunakan dengan hasil uji validas menggunakan aiken V berkategori sedang dan tinggi dan uji relibialitas dengan kategori kuat. media digital Math Crossword Puzzle layak efektif digunakan dalam pembelajaran, diketahui berdasarkan hasil belajar dengan adanya perbedaan rata-rata melalui uji t sebesar -10,740  dan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0, 548 yang berdasarkan interprestasi indeks gain tergolong sedang.

Simpulan penelitian ini adalah digital Math Crossword Puzzle layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran khusunya pada muatan pelajaran Matematika materi pecahan. Guru diharapkan dapat mengembangan digital Math Crossword Puzzle yang serupa dengan materi yang berbeda, serta pihak sekolah diharapkan dapat memfasilitasi.

Kata kunci: digital Math Crossword Puzzle, Matematika, Pecahan

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019).”Pengembangan Android Apps Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII”.Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40-51.

Benny A Pribadi. Model Desaign Sistem Lama (Jakarta: Dian Raya, 2009), Hal. 125

Dewi Lestari, “Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara”, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 3 No. 2, ISSN 2354614X, hlm.132.

Dick Walter, Lou Carey, dan James O. Carey,The Systematic Design of Instruction (Ohio: Pearson New Jersey Columbus, 2009), h. 3.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Dwijayanti, I. (2011). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Menggunakan ICT Materi Segi Empat Kelas VII”. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2/Septembe).

Dwijayanti, I. (2016). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultural Menggunakan Socio Humanism”.JIPMat, 1(1).

Edi Wibowo dan Dona Dinda Pratiwi. (2018). “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan”, (Desimal:Jurnal Matematika, 1 (2)).

Fredi Ganda Putra dkk. (2017). “Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemfaktoran Bentuk Aljabar Pada Pembelajaran Matematika SMP”.(Numerical:Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika).

Gunarti, Y., Ngatmini, N., & Asropah, A. (2023).”Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar”. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 63-64.

Hamid, M. A. Dkk. 2020. Media Pembelajaran. Medan:Yayasan Kita Menulis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Hakim, A. R. (2019).”Teka Teki Silang Matematika untuk Kelas 1 Tingkat Sekolah Dasar sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M) 2019 UMT. Universitas Muhammadiyah Tangerang. 125–134

Holt, John. Belajar Sepanjang Waktu. Jakarta: PT. Erlangga, 2012.

I Made Tegeh, I Nyoman Jampel dan Ketut Pudjawan, Model Penelitian Pengembangan(Yogyakarta: GrahaIlmu, 2014)diakses pada harikamis, 23 maret 2022; 23.20


Khalilullah, M. (2012).”Permainan teka-teki silang sebagai media dalam pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat)”.An-Nida’, 37(1), 15–26.

Kusmaryono, I., & Ubaidah, N. (2022).”Upaya Peningkatan Kreativitas Guru Melalui Pelatihan Pembuatan Teka-Teki Silang Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar”. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1160-1167.

Maduratna, T. P., & Setyawan, A. (2020).”Analisis Faktor Pengaruh Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 6 Kamal”.Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).

Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2003) hlm. 22

Muhtarom, M., Nizaruddin, N., & Sugiyanti, S. (2016). “Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VII Smp”. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 20–31.

Musfiqon, H. (2012). “Pengembangan media dan sumber pembelajaran” .Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ngatmini, N. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Video Pembelajaran Pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD Negeri 01 Boyoteluk Tahun Pelajran 2022/2023”. Literasi (Jurnal Pendidikan Dasar), 2(2).

Nizaruddin, N., & Dwijayanti, I. (2012).”Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berideologi Pancasila Berbasis konstruktivis menggunakan ICT di SMP”.

Noviasari, T., Shodiqin, A., & Dwijayanti, I. (2022).”Keefektifan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan E-Magazine Terhadap Kemampuan Berpikir Logis pada Siswa SMP”. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 51-57.

Nurhakim, A., Nurmeida, A., Hasanah, N., & Astuti, P. W. (2020)”.Inovasi Media Pembelajaran Teka Teki Silang Fisika dalam Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi.”

Nurfarida, A. D., Buchori, A., & Dwijayanti, I. (2021).”Efektivitas Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dan Creative Problem Solving (CPS) Berbantu E-Modul terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mranggen pada Materi Sistem Koordinat”. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 449-456.

Nuzul Rachmadani. (2013). “Pengaruh Penggunaan Metode Teams Games Tournaments Berbantuan Media Teka-Teki Silang Dan Ular Tangga Dengan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Matei Koloid Kelas X1 SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2011/2012”. (Jurnal pendidikan kimia (JPK).

Sababalat, D. F., Purba, L. S. L., & Sormin, S. (2021). “Efektivitas pemanfaatan media pembelajaran teka-teki silang online terhadap peningkatan minat belajar siswa”. Edumatsains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 207-218.

Sari, A., Ngatmini, N., & Siswanto, J. (2023). “Pengembangan Papan Make and Match sebagai Media Penguasaan Multi-Literasi Peserta Didik TK”. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 17(1), 124-131.

Setiadi, I. (2021). “Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle”.Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 1-12.

Setiyani, N., Sumarno, S., & Ngatmini, N. (2022).”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flashcard untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas I Sekolah Dasar”. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5220-5226.

Sri Hayati, Research and Development (R&D) sebagai salah satu Model PenelitianDalamBidang Pendidikan, Jurnal Vol. 37 No. 1 (2012), hal.13
Susanti, R. D., Ngatmini, N., & Rahayu, W. (2022). “Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SDN Sidomulyo 02”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2886-2903.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018).”Pengembangan e-modul berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah”.JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268-283.

Yunus Abidin.2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika aditama.

Wardhana, P., Ngatmini, N., & Wahyuni, A. D. (2022). “Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Berbantu Media Ular Tangga Edukatif Pada Pembelajaran Tema 1 Kelas III SDN 2 Babadan”. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2878-2885.

Wulan, N. P. J. D., Suwatra, I. I. W., & Jampel, I. N. (2019). “Pengembangan Media Permainan Edukatif Teka-Teki Silang Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Ips”. Jurnal EDUTECH Undiksha, 7(1), 66-74.
Published
2023-09-30
How to Cite
Leni Diah Putri, Ida Dwijayati, & Ngatmini. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA DIGITALMATH CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS III SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 744 - 752. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1648