PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS III SDN 02 KROMPENG

  • Rizqiatul Janah UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
  • Ari Widyaningrum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Keywords: Penggunaan Media Lagu, Peningkatan Literasi, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya literasi siswa di sekolah dasar. Alasan peneliti mengambil judul skripsi ini dikarenakan siswa kelas III SDN 02 Krompeng masih mengalami kesulitan membaca dan menulis. Hal tersebut dikarenakan metode mengajar guru masih monoton dan hasil ulangan harian yang naik turun. Sehingga dapat dikatakan bahwa kurangnya literasi pada siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penggunaan media lagu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas III SD Negeri 02 Krompeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu untuk menganalisis serta mendeskripsikan penggunaan media lagu pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan literasi siswa kelas III SDN 02 Krompeng. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas III SDN 02 krompeng. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, pengisian angket, dan dokumentasi. Sementara untuk metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis penelitian, mendeskripsikan bahwa guru menggunakan media lagu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, seperti pada pembelajaran di kelas, guru menggunakan jenis media lagu live music yaitu bermain gitar dan bernyanyi secara langsung di depan siswa siswanya. Selain itu guru menggunakan media berupa tulisan lirik lagu yang sudah di print dan ditempel di depan papan tulis, agar siswa mudah melihat lirik lagu dengan jelas. Respon siswa ketika menggunakan media lagu tersebut mereka merasa ceria, lebih aktif ketika pembelajaran, dan lebih mudah memahami materi pembelajaran. Untuk meningkatkan literasi siswa, dibuktikan dengan adanya pemahaman siswa dalam membaca, memberikan kesempatan siswa dalam menulis, mengenalkan huruf, mengenal nama-nama alfabet, dan dapat meningkatkan keterampilan fonologis siswa.

Kata Kunci: Penggunaan Media Lagu, Peningkatan Literasi, Siswa Sekolah Dasar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Yunus. dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Afifah dan Hadi, (2019). Strategi Pendidik Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta didik Studi Multi Kasus Di SDI Raudlatul Jannah Sidoarjo Dan Ghilmani Surabaya. Jurnal Tarbiyatuna 2. 187-188.
Arsyad, Azhar, (2014). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Batubara, Hamdan Husein. (2020). Media Pembelajaran Interaktif. Semarang: Fatawa Publishing.
Rahmawati, (2015) Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. BINTANG. 2(1), 35-48.
Ruhaena, (2015). Pengembangan Minat dan Kemampuan Literasi Awal Anak Pra-sekolah di Rumah. The 2nd University Research Coloquium 2015, 55.
Utari, M. Dkk. (2017). Pengembangan Media Lagu Matematika dalam Pembelajaran di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar. Vol. 4(1) 2017, 92-105.
Published
2023-09-30
How to Cite
Rizqiatul Janah, Ari Widyaningrum, & Veryliana Purnamasari. (2023). PENGGUNAAN MEDIA LAGU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS III SDN 02 KROMPENG . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 779 - 791. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1602