PENGARUH LKPD BERORIENTASI LIFE SKILL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN REJOSARI 01

  • Amelia Fadillatuz Zulfa universitas pgri semarang
  • Fenny Roshayanti PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Eka Sari PGSD Universitas PGRI Semarang
Keywords: LKPD, Life Skill, STEAM

Abstract

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pengembangan LKPD yang mampu mendorong aktivitas belajar peserta didik  rendahnya life skill peserta didik serta ketidak aktifan peserta didik ketika kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh LKPD Berorientasi Life Skill Berbasis Pendekatan STEAM Terhadap Life Skill Peserta Didik. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi pada kegiatan penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Rejosari 01 Semarang. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III C dan III D di SDN Rejosari 01 Semarang yang berjumlah 55 peserta didik. Kelas III C berjumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas III D berjumlah 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan teknik Pobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, obervasi dan dokumentasi. Hasil analisis Uji Independent Sample t-test  menunjukkan bahwa diperoleh  nilai sig. (2-tailed) sebesar .000, yang mana nilai tersebut < 0,05. Artinya terdapat perbedaan rata-rata antara hasil perolehan skor angket life skills peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan LKPD berorientasi life skill berbasis STEAM pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil tabulasi angket respon peserta didik terhadap LKPD juga menunjukkan perolehan nilai sebesar 82% yang mana nilai tersebut memiliki keterangan “sangat baik”. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah penggunaan LKPD berorientasi Life Skill berbasis STEAM berpengaruh dalam meningkatkan life skill  peserta didik. Saran yang dapat disampaikan adalah agar penggunaan LKPD Berorientasi Life Skill Berbasis Pendekatan STEAM dapat digunakan menjadi salah satu perangkat pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar.

 

Kata Kunci: ;LKPD, Life Skill, STEAM

Metrics

Metrics Loading ...

References

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3 (Vol. 1, Issue 3). https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/29
Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1442
Ragilena, R., Wijayanti, A., & Reffiane, F. (2022). Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Sains, Teknologi, Teknik, Seni, Dan Matematika (STEAM) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Citra Pendidikan, 2(3), 522–527.
Zahrawati Fawziah, & Ramadani Andi. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 59–74. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p1-14
Published
2023-09-30
How to Cite
Amelia Fadillatuz Zulfa, Fenny Roshayanti, & Eka Sari. (2023). PENGARUH LKPD BERORIENTASI LIFE SKILL BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN REJOSARI 01. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 672 - 678. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1601