KEEFEKTIFAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
ABSTRAK
Dalam proses pembelajaran di lapangan, penggunaan video pembelajaran berbasis animasi belum pernah diterapkan oleh guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan video pembelajaran terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data yang digunakan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, dan Uji-T untuk memperoleh data belajar peserta didik terhadap perbedaan sebelum dan sesudah penggunaan video pembelajaran. Sehingga dibutuhkan video pembelajaran agar proses pembelajaran berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Hal ini didapatkan temuan penting yaitu media video pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasl belajar kognitif peserta didik dengan menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest. Sasaran dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV Sekolah Dasar pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila BAB IV Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan materi makna Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Kata Kunci: Video pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila.
Metrics
References
Buku :
Dina Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Yogyakarta: Diva Press.
Kustandi dan Sutjipto, Bambang. 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.
Permendikbud. 2014. Surat Edaran Nomor 57 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Yogyakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Jurnal :
Adesote, S.A., and Fatoki, O.R. (2013). The role of ICT in the teaching and learning of history in the 21st century. Academic Journals, 8 (21), 2155-2159.
Andriani & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik Untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Jurnal Scholaria, Vol. 6, No.1, Januari 2016.
Fahruddin, F., Rachmayani, I., Astini, B. N., & Safitri, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 49-53.
Hutauruk, Pindo, and Rinci Simbolon. 2018. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN ALAT PERAGA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN NOMOR 14 SIMBOLON PURBA Pindo.” SEJ (School Education Journal) 8 (2): 121–29.
Khairani, M., Sutisna, S., & Suyanto, S. (2019). Studi meta-analisis pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(1), 158-166.
Mahnun. N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran, Vol. 37, No. 1 Januari-Juni 2012
Metalin, A. M. I. P. A., Puspita, I., Puspitaningsih, F., & Diana, K. Y. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 49-54.
Nanda, Made, & Komang. 2017. “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Kelas V di SD Negeri 1 Baktiseraga”. Dalam Jurnal Edutecth Universitas Pendidikan Ganesha. http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v5i1.20627. Diakses 18 Juli 2021.
Ninawati, M., & Wahyuni, N. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Audio Visual Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Pademangan Barat 11 Jakarta Utara. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(1), 64-73.
Prananda, Gingga, and Hadiyanto. 2019. “KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR.” JURNAL BASICEDU Research 3 (3): 909–15.
Prasasti, Dianita Eka, Henny Dewi Koeswanti, and Sri Giarti. 2019. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD.” Jurnal Basicedu 3 (1): 174–79.
Tafonao. T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018.
WATI, L. A. (2013). Pemanfaatan media video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas IV SDN Babatan I/456 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Wulandari, M. P. (2019). Keefektifan penggunaan media video animasi IPA SD berbasis literasi sains terhadap hasil belajar siswa kelas IV. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas dan Pintar), 3(2).
Yudianto, Arif. 2017. “Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran”. Dalam Jurnal L Education. https://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/354. Diakses 21 Juli 2021.