PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CARD SORT TERHADAP MINAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 23 PEMULUTAN

  • Eka Fitriyani Universitas PGRI Palembang
  • Noviati Universitas PGRI Palembang
  • Robert Budi Laksana Universitas PGRI Palembang
Keywords: Keywords: Card sort media, Interest Reading, B.Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: adakah pengaruh penerapan penggunaan media card sort terhadap minat membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 23 pemulutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapaan penggunaan media card sort terhadap minat membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 23 Pemulutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji T. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil uji t menunjukkan nilai thitung = 3,934 lebih dari ttabel (0,05) (dk = n-1) = 1,696 sehingga Hₒ ditolak, yang artinya ada pengaruh dari media card sort terhadap minat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 23 Pemulutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui, hasil penelitian yang diperoleh dengan analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifkan antara media card sort terhadap minat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 23 Pemulutan.

Kata Kunci:  Media Card sort, Minat Membaca, B.Indonesia

 

Abstract

The formulation of the problem in this study is: is there any effect of applying the use of card sort media to the interest in reading beginning in grade I students at SDN 23 Pemulutan. The purpose of this study was to determine the effect of the application of the use of card sort media on interest in reading beginning in class I SDN 23 Pemulutan. The method used in this study is the experimental method, data collection techniques in this study used observation ,tests and documentation, while data analysis techniques used normality tests, homogeneity tests, T tests. ttable (0.05) (dk = n-1) = 1.696 so that Hₒ is rejected, which means that there is an effect of card sort media on initial reading interest in grade I students at SD Negeri 23 Pemulutan. Based on the research results it can be seen, the research results obtained by data analysis and hypothesis testing, it can be concluded that there is a significant influence between card sort media on initial reading interest in class I students of SD Negeri 23 Pemulutan.

Keywords: Card sort media, Interest Reading, B.Indonesia

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

onferensi Ilmiah Dasar, 3, 1662-1668.
Dr.Muammar, M. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil.
Gunawan, S.Pd.I., M.A & Dr. Asnil Aidah Ritonga, M.A. (Medan). Media Pembelajaran Berbasis Industri 4.0 . 2019: Rajawali Pers.
Gusmiyanti, W., Fauziah, R. S. P.., & Muhdiyati, I. (2018). Influence of Interest Reading Stories Heroes on Learning. 5, 125.
Hamid, M.A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri,. M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Hendriana & Jacobus. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Melalui Keteladanaan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 25.
Herminingsih, H., Nurdin, N., & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integritas Ilmu Era Society (KIIIES) 5.0, 1,, 79-84.
Ifadah, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Card Sort Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mtsn 2 Kota Kediri. Doctoral Dissertation, IAN Kediri.
Iwan Hermawan, S. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & mixed methode.
Juniarti, Y., Mindi, K., & Utoyo, S. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Card Sort Terhadap Kemampuan Literasi Membaca Anak. Jurnal Pelita Paud 7(1), 1-6.
Kesumawati, N., & Aridanu, I. (2017). Statistik Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang: Noer Fikri Offiset.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIYAH. Jurnal Pendidikan Dasar 2.1, 81.
Kuraesin, C., & Rohimat, M. (2022). Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Kegiatan Literasi Pojok Baca. Jurnal Edukasi Generasi Emas 1 (1), 1-8.
Ni Made Rusniasa, Nyoman Dantes & Ni Ketut Suarni. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri I Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Bahasa Indonesia, 53-63.
Nugralia, S., Habudin, H., & Juhji, J. (2019). Pengaruh penggunaan strategi card sort terhadap hasil belajar ipa materi sumber energi (pre eksperimen siswa Kelas IV SD Negeri Kemang Kota Serang). Ibtida'i Jurnal Kependidikan Dasar, 79-94.
Nurgiyantoro. (2012). Penilaian Pembelajaran . Yogyakarta : Bpfe- Yogyakarta.
Parlowati, I. (2020). Penggunaan metode Card Sort untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Barat. Doctoral dissertation, IAN Metro.
Pratiwi, A. (2022). Analisis Minat Membaca Permulaan Dengan Buku Cerita Bergambar Pada Siswa Kelas II DI SD Negeri Kedung mundu Semarang. Majalah Lontar, 32-39.
Rahmayanti, D., Safruddin, & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Pemanfaat Media Kartu Huruf Terhadap
Published
2023-09-30
How to Cite
Fitriyani, E., Noviati, & Robert Budi Laksana. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CARD SORT TERHADAP MINAT MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SDN 23 PEMULUTAN . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 119 - 128. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1456