ANALISIS DAMPAK INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III

  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Anwar Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Era digital, internet, perkembangan bahasa, sekolah dasar.

Abstract

Era digitalisasi atau internet seperti saat ini kita perlu waspada terhadap segala informasi yang masuk karena  dapat memengaruhi perkembangan anak. Salah satu perkembangan siswa yang perlu kita optimalkan adalah perkembangan bahasa. Bahasa merupakan salah satu pemersatu bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dampak internet terhadap perkembangan Bahasa siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Subjek penelitian berjumlah sembilan orang siswa SD kelas III pada salah satu SD di Jawa Barat Tahun Akademik 2019/2020. Instrumen penelitiannya berupa lembar observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriftif. Hasil penelitian meunjukan bahwa internet memberikan dampak cukup sebesar terhadap perkembangan bahasa siswa SD kelas III. Namun perlu dilakukan analisis lebih dalam lagi apakah internet memberikan pengaruh positif atau negatif terhadap perkembangan bahasa anak.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory: A practical guide through qualitative analysis. London, England: Sage.
Fakhrunnisa, A., Astuti, E. S., & Susilo, H. (n.d.). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Sikap Pengguna Terhadap Minat Menggunakan Internet (Studi pada Tenaga Kependididkan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang), Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang.
Gable, G. G. (1994). Integrating case study and survey research methods: An example in information systems. European Journal of Information Systems, 3, 112-126.
Gialamas, V., Nikolopoulou, K., & Koutromanos, G. (2013). Student's Teacher Perceptions About The Impact of Internet Usage on Their Learning and Jobs, Computers & Education, 1-7.
Kompas. (2018). Presentase Pengguna internet (interconnection networking) berdasarkan tingkat pendidikannya. Tersedia: kompas.com diakses /19/02/2018
Mislikhah, S. (2014). Kesantunan Berbahasa. International Journal of Islamic Studies, 1 (2). Hlm. 285-296
Oktavianti I, & Kanzunnudin M. (2018). Pengembangan Ketrampilan Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Berbasis Keunggulan Lokal Melalui Penerapan Reciprocal Learning Berbantu Media Cerita dan Metrik Ingatan. https://www.researchgate.net/publication/315996467[accessed May 29 2018
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Zakarija, A. (2010). Theory of Planned Behaviour Masihkah Relevan. [Online], Avalaible: http://zakarija.staff.umm.ac.id/files/2010/12/Theory-of-Planned-Behavior-Masihkah-relevan1.pdf .[Accessed 7 April 2016].
Published
2020-06-14
How to Cite
Handayani, H., & Sanusi, A. (2020). ANALISIS DAMPAK INTERNET TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA SISWA SEKOLAH DASAR KELAS III. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 34 - 42. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.110