ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS III SDN CICERI INDAH
Abstract
Adapun latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih terdapat beberapa peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam membaca khususnya membaca permulaan. Seperti siswa yang mengalami kesulitan dan kebingungan dalam membaca kata hingga kalimat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode suku kata dalam kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN Ciceri Indah Kota Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subyek penelitian ini adalah beberapa siswa yang masih mengalami kesulitan membaca khususnya membaca permulaan yakni 5 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis Milles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang didapatkan dari penerapan metode suku kata (Syllabic Method) bahwasannya terdapat perkembangan membaca siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan yakni siswa yang bersangkutan sudah mampu melafalkan bunyi kata, membaca suku kata hingga mampu membaca kalimat sederhana.
Metrics
References
Hidayah, Widya Nur., dan Ahmad Nawawi. (2017). Metode Suku Kata Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Low Vision. JASSI_anakku. 2017, 77-78
Fatriani, Alfiah. (2018) Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata. Joyfull Learning Journal 2018, 2-3
Ritonga, Seprina., dan Riris Nurkholidah Rambe. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala 2022, 1267-1268
Muhyidin, Asep., Odin Rosidin dan Erwin Salpariansi. (2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD. Maret 2018, 32-34
Nur’ariyani, siti., dan Ujang Jamaludin. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Games Book terhadap Minat Baca Peserta Didik Kelas V di Sekolah Dasar. September, November 2022. 583
Pribadi, Reksa Adya., Nadita Yuni Aurelia Harahap, dan Lilis Karlina. (2021). Kesulitan Siswa dalam Kegiatan Literasi Mmebaca di Kelas 3 SDN Pinang 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai 2021, 9144