PENGARUH BAHASA PRODUK PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

(STUDI KASUS PENJUALAN PRODUK KOPI DI BANYUWANGI)

  • AYU PUSPITA SARI Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi
Keywords: Bahasa Produk, Pengaruh Bahasa, Kopi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Bahasa Produk meliputi produk  berbahasa Indonesia dan bahasa asing terhadap keputusan pembelian. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh data hasil wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dari penelitian ini diperoleh hasil perbandingan dan perbedaan kemasan produk yang digunakan hingga bahasa produk yang berbeda beda di setiap kemasan produk kopi tersebut.  

References

Achmad, Z. A., Wuryandari, Y., Mas’udah, K. W., & Tamrin, M. H. (2022). Rebranding Produk Kopi Excelsa Oleh Kelompok Masyarakat KOPI GUNUNG Dengan Packaging Baru dan Digital Marketing. Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 4(2), 195-211.
Daud, A. (2011). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. AKMEN Jurnal Ilmiah, 8(4)
Fadli, A., Cakranegara, P. A., Novirsari, E., Amalia, F., & Tambunan, D. (2022). Memahami Keputusan Pembelian Kopi Konsumen. Surabaya: Global Aksar Pers. Researchgate.
Isrozia, A., Azizah, K. N., Sandika, D. P., Pratama, M. R. B., Putri, D. W. A., & Sholihatin, E. (2022). Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Minat Beli Konsumen pada Pemasaran Produk Belikopi di Media Sosial Instagram. Sabda: Jurnal Sastra dan Bahasa, 1(2), 85-95.
Ningsi, S., Kasoni, M., & Rahmah, D. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Terhadap Pemasaran Produk Kopi Durian Ananda. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(2), 440-446.
Parmawati, R., Andawayanti, U., & Sholihah, Q. (2022). Analisis keberlanjutan perkebunan kopi rakyat di Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi. AGROMIX, 13(1), 126-135.
Pastika, D. B. W., Subagyono, B. S. A., & Chumaida, Z. V. (2023). URGENSI SERTIFIKASI HALAL BAGI USAHA MINUMAN OLAHAN KOPI. Perspektif, 28(3), 185-192.
Sinambela, E. A. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Bubuk Kemasan. Management & Accounting Research Journal Global, 1(2).
Wibawanto, S. (2013). Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen: Pendekatan Fisiologis, Psikologis, dan Religius. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 12(1).
Wiratno, T., & Santosa, R. (2014). Bahasa, fungsi bahasa, dan konteks sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1-19.
Yunus, R. N. (2018). Analisis pengaruh bahasa merek terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi jurusan akuntansi. Jurnal Akuntansi Bisnis dan Publik, 9(1), 13-20.
Published
2025-05-07