ANALISIS BAHASA PEMASARAN DIGITAL UNTUK PRODUK AGRIBISNIS PADA PLATFORM E-COMMERCE

  • Nur Hidayatulloh Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Dea Ramadhani Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Desy Qurrotul a’yun Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Rina Kurniawati Politeknik Negeri Banyuwangi
  • Diaz Puspita Politeknik Negeri Banyuwangi
Keywords: Bahasa Indonesia, Promosi Online, Media Sosial, UMKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan Bahasa Pemasaran Digital Untuk Produk Agribisnis Pada Platform E-Commerce dalam promosi online oleh pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, promosi melalui media online menjadi semakin penting bagi UKM untuk meningkatkan jangkauan pasar dan daya saing mereka.

Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis konten terhadap bentuk promosi online pada media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia dalam promosi online oleh UKM sangat beragam, mulai dari penggunaan bahasa formal hingga bahasa yang lebih santai dan informal. Penelitian ini juga menemukan bahwa penggunaan Bahasa Pemasaran Digital Untuk Produk Agribisnis Pada Platform E-Commerce yang efektif dan tepat sasaran dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membantu membangun citra merek yang kuat. Kesimpulannya, pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Bahasa Indonesia secara strategis dalam promosi online merupakan aset penting bagi UMKM dalam upaya mengembangkan bisnis mereka di era digital.

References

Buku :
Asmarani, R., & Atrinawati, A. (2017). Penulisan Media Promosi Wisata Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang.
Asmarani, R., & Atrinawati, A. (2017). Penulisan Media Promosi Wisata Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Inggris Di Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang.
Hasanah, H. (2023). Afiksasi Derivasional dan Infleksional Bahasa Indonesia dalam Pesan-pesan Promosi di Grup WhatsApp Muamalah Makassar.
Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kota Palembang.
Hutasoit, S. T. M., & Saputro, A. H. (2024). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Di Marketplace Lazada: Bahasa Indonesia.
Ngalim, A., Markhamah, M., & Prayitno, H. J. (2018). Interferensi Leksikon Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia pada Promosi Penjualan.
Pudyastuti, E., & Saputra, A. (2021). Upaya peningkatan keunggulan bersaing usaha mikro kecil dan menengah (umkm) di kota medan di masa pandemi covid-19.
Ristanti, F., Khasanah, U., & Kuntadi, C. (2022). Literature review pengaruh penerapan pajak umkm, sosialisasi perpajakan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Sari, K. W. (n.d.). Bahasa Inggris Sebagai Upaya Promosi Radio Republik Indonesia Dengan Menjadi Media Iklan Bagi Eddys. Fakultas Ilmu Budaya Universitas
Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan.
Yudistira, M. Y. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Promosi Pariwisata.

Artikel in Press :
repository.unhas.ac.id.http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/27474/

Jurnal :
Hutasoit, S. T. M., & Saputro, A. H. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Ulang Di Marketplace Lazada: Bahasa Pemasaran. Vol. 2 10-11
Syamsulbahri, D. (2018). UMKM dalam perspektif pembiayaan inklusif di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan. Vol. 4 No. 2
Yudistira, M. Y. (2023). Efektifitas Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Media Promosi Pariwisata. Metonimia: Jurnal Sastra 211-216
Published
2025-05-07