PENGARUH KEMAMPUAN BILINGUALISME TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK (TINJAUAN SOSIOLINGUSTIK)

  • Sevti Putri Thavany Universitas Siliwangi
  • Ifah Afivah Universitas Siliwangi
  • Ichsan Fauzi Rachman Universitas Siliwangi
Keywords: Bilingualisme, Kognitif, Kontra, Pro, Sosiolinguistik

Abstract

Bilingualisme merupakan penggunaan dua bahasa atau dua kode linguistik. Penggunaan dua bahasa atau bilingualisme tentunya akan mempengaruhi perkembangan bahasa anak, terutama perkembangan kognitifnya. Penelitian ini dipakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan bilingualisme terhadap perkembangan kognitif anak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan studi pustaka (library research), yakni suatu teknik pengumpulan data yang menguraikan dan mengkaji teori-teori dari berbagai literatur yang memiliki kaitan dengan topik penelitian. Proses pengumpulan data melibatkan pencarian dan rekonstruksi dari beberapa sumber, seperti buku, artikel, jurnal, dan riset-riset sebelumnya yang berkaitan dengan bilingualisme serta perkembangan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini berangkat dari penelitian yang dilakukan oleh Hidayati dengan judul “Bilingualisme dan Multilingualisme: Pro dan Kontra pada Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak”. Berdasarkan data dari berbagai literatur, hasil penelitian menunjukkan jika bilingualisme pada anak dapat meningkatkan perkembangan kognitif. Hal tersebut terlihat dari dampak positif dari bilingualisme lebih banyak daripada dampak negatifnya.

References

Adniy, S. R., Nugroho, D. A., & Apsari, N. C. (2022, Desember). Perkembangan Sosial pada Anak Bilingual. Jurnal Pene;itian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 139-146. Dipetik Maret 20, 2024
Chaer, A., & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik. Indonesia: PT Rineka Cipta. Dipetik Maret 20, 2024
Charisy, H. G., & Salamah, S. (2023). Pengaruh Bilingualisme terhadap Perkembangan Kognitif pada Anak. Jurnal Edukasi Sumba, 7, 31-36. Dipetik Maret 20, 2024
Chang, A. N. (2024). Teaching Bilingual to Young Learners: The Pros and Cons. Journal of Social Science Research, 4. Dipetik Mei 2024
Eurorad, R. Pros and Cons of bilingualism in kids. Dipetik Mei 2024, dari www-eurotrad-com.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21, 33-54. Dipetik Maret 20, 2024
Fergus, Craik, M., Bialystok, E., & Freedman, M. (2010, November). Delaying the onset of Alzheimer disease: bilingualism as a form of cognitive reverse. (National Library of Medicine) doi:10.1212/WNL.0b013e3181fc2a1c.
 Hidayati, N. N. (2020). Bilingualisme dan Multilingualisme: Pro dan Kontra pada Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Al-Hikmah, 10. Dipetik Mei 2024
Ibda, F. (2015, Januari-Juni). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita. Dipetik Mei 2024
Kami, K. (2017, September). Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Sumba, 1, 145-150. Dipetik Maret 20, 2024
Kartikasari, R. D. (2019). Penggunaan Bilingualisme pada Masyarakat yang Berwirausaha. Pena Literasi, 2. Dipetik Maret 20, 2024
Ninawati, M. (2012, September-Oktober). Kajian Dampak Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Pendidikan, 23-27. Dipetik Maret 20, 2024
 Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa. Dipetik Mei 2024

Panjaitan, N. A., Rambe, M. H., Ahadi, R., & Nasution, F. (2023, Januari-Februari). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal on Education, 5. Dipetik Maret 20, 2024
Pranowo. (2014). Teori Pembelajaran Bahasa. Pustaka Pelajar. Dipetik Maret 20, 2024
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Edukasi : Jurnal Pendidikan, 10. Dipetik Maret 20, 2024
Sujiono, Y. N. Hakikat Pengembangan Kognitif. Dipetik Mei 2024
Wahyudin, A. (2012). Bilingualisme: Konsep dan Pengaruhnya terhadap Individu. Universitas Negeri Yogyakarta, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dipetik Maret 20, 2024
Published
2024-06-28