TINJAUAN PENGARUH BILINGUALISME MELALUI KONTEN YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

  • finesha meirylla Universitas Siliwangi
  • Dea Puspita
  • Ichsan Fauzi Rachman
Keywords: Bilingualisme, Perkembangan Kognitif, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini, YouTube.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh bilingualisme terhadap kognitif anak usia dini yang ditinjau melalui konten YouTube. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh bilingualisme terhadap perkembangan bahasa anak usia dini. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bilingualisme memiliki pengaruh yang baik terhadap perkembangan anak melalui aplikasi YouTube. Dalam bilingualisme, setiap anak akan dengan mudah menghadapi atau melakukan pemecahan masalah, meningkatkan kreativitas, dan berpikir saat berpikir. Pada penelitian ini, dipaparkan mengenai bilingualisme, jenis-jenis bilingualisme, keuntungan dan kerugian bilingualisme, perkembangan bahasa anak, faktor-faktor perkembangan bahasa anak, faktor penyebab masalah perkembangan bahasa pada anak, cara mengatasi masalah perkembangan bahasa pada anak, perkembangan kognitif anak, faktor menyebabkan masalah perkembangan kognitif pada anak, cara mengatasi masalah perkembangan kognitif pada anak, dampak penggunaan YouTube bagi anak, dampak YouTube terhadap perkembangan kognitif anak beserta hasil penelitian observasi dan wawancaranya. Berdasarkan pembahasan, bilingualisme dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak yang distimulasi oleh aplikasi YouTube. Lalu nantinya bisa memberikan stimulus yang baik terhadap perkembangan kognitif anak usia dini, terutama pada pemerolehan bahasanya.

References

5 Penyebab Anak Mengalami Masalah Perkembangan Bahasa. (2020, Juni 11). Retrieved from http://www.orami.co.id/magazine/5-penyebab-anak-mengalami-masalah-perkembangan-bahasa
6 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak. (2023, September 27). Retrieved from sehataqua.co.id: https://www.sehataqua.co.id/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-kognitif-anak/
Ade Susanti, S. N. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler . Retrieved from repository.um-surabaya.ac.id: https://repository.um-surabaya.ac.id/6111/1/Ade_Susanti_%28Done%29.pdf
Dr. Joko Kurniawan, M. S. (n.d.). Pengaruh Bilingualisme Pada Perkembangan Anak. Retrieved from Alomedika: https://www.alomedika.com/pengaruh-bilingualisme-pada-perkembangan-anak
Fadila, I. (n.d.). Tahapan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 1-5 Tahun. Retrieved from hellosehat: https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/perkembangan-bahasa-balita/
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bahasa pada Masa Kanak-kanak. (2023, Januari 27). Retrieved from masoemuniversity.ac.id: https://masoemuniversity.ac.id/berita/faktorfaktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-bahasa-pada-masa-kanakkanak.php
Fauziah Nasution, A. S. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Retrieved from https://jpk.joln.org/index.php/2/article/download/49/58
Heppy Gusfathul Charisy, S. S. (2023). Pengaruh Bilingualisme Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak. Retrieved from Jurnal Edukasi Sumba (JES).
Hilda Zahra Lubis, M. (2018). Metode Perkembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. Retrieved from https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah/article/download/277/272
Kenali Tahapan dan Gangguan Perkembangan Bahasa Anak. (2022, April 03). Retrieved from Morinaga Platinum: https://morinaga.id/id/milestone/perkembangan-bahasa-anak
Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Retrieved from ejournal.uinib.ac.id: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/download/432/352
Marisa, R. (n.d.). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/download/694/547
Niken Nurrohmawati, M. R. (2024, Februari). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan Keluarga. Retrieved from Jurnal Ilmiah Multidisiplin.
Ninawati, M. (2012). Kajian Dampak Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Sekolah Dasar. Retrieved from PENDIDIKAN.
Nurhayati, A. P. (2018, November). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Taman kanak-Kanak. Retrieved from ejournal.uin-suska.ac.id: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/download/6657/3826
Nurul Aisyah Salsabila Panjaitan, M. H. (2023, Januari). Studi Pustaka: Konsep Bilingualisme dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Retrieved from Journal on Education.
Palupi, Y. (n.d.). Perkembangan Bahasa Pada Anak. Retrieved from repository.upy.ac.id: http://repository.upy.ac.id/421/1/artikel%20yulia.pdf
Pransiska, R. (2018). Kajian Program Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Retrieved from Edukasi: Jurnal Pendidikan.
Putri, S. V. (2021, Maret 08). Fenomena Bilingualisme Pada Generasi Saat Ini, Apa Penyebabnya?. Retrieved from Praxis: https://praxis.co.id/stories/read/272/Fenomena-Bilingualisme-Pada-Generasi-Saat-Ini-Apa-Penyebabnya-
S.Pd, I. (2022, November 16). Pengaruh Bilingualisme pada Perkembangan Kognitif Anak, Baik atau Buruk? Retrieved from edufic: https://edufic.id/artikel/pengaruh-bilingualisme-pada-perkembangan-kognitif-anak/
Siagian, A. N. (2023). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Gangguan Berbicara Pada Anak. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/download/17063/pdf
Suryaningrum, F. (2023, Agustus 31). 6 Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak. Retrieved from nutriclub.co.id: https://www.nutriclub.co.id/artikel/tumbuh-kembang/1-tahun/faktor-perkembangan-kognitif-anak
Wulandari. (2023, Februari 28). Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Retrieved from Tirto.id: https://tirto.id/faktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-kognitif-anak-usia-dini-gBa6
Wulandari, N. (2015, Mei 31). Bilingualisme, Alih Kode dan Campur Kode. Retrieved from http://nawangwulandarithnz.blogspot.com/2015/05/bilingualisme-alih-kode-dan-campur-kode.html?m=1
Ziyadatul Mardhiah, H. P. (2022). Dampak Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Retrieved from JEA (Jurnal Edukasi AUD).
Published
2024-05-28