PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE DENGAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Abstract
Menyimak merupakan salah satu bagian dari empat keterampilan berbahasa. Sebagian siswa mengganggap pembelajaran menyimak mudah atau sepele karena pemahaman siswa terhadap pembelajaran menyimak hanya pada proses mendengarkan saja. Keterampilan menyimak merupakan sarana terpenting bagi proses pembelajaran. Pembelajaran menyimak tidak hanya menuntut siswa hanya mendengarkan informasi berupa materi yang diucapkan oleh pengajar saja, tetapi bagaimana siswa memerhatikan dan memahami informasi berupa materi dengan baik. Materi teks eksposisi merupakan materi yang dianggap paling sulit oleh siswa SMP Negeri 6 Subang kelas VIII. Siswa kesulitan dalam memahami pengertian, karakteristik atau ciri-ciri, struktur, kaidah kebahasaan, dan langkah-langkah dalam menulis teks eksposisi. Salah satu cara mengoptimalkan pembelajaran menyimak teks eksposisi yang efektif adalah menggunakan pendektaan cooperative model student team achievement divisions (STAD). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan tipe one group pretest posttest design. Nilai rata-rata pretest adalah 56,6, sedangakan nilai rata-rata posttest 74,5. Uji hipotesis nilai signifikansi pretest dan posttest adalah 0.000. Jadi, dikarenakan nilai signifikansi uji hipotesis kurang dari 0.05, maka Ho ditolak. Artinya, bahwa ada perbedaan antara rata-rata nilai tes sebelum dan sesudah diberikan perlakuan pendekatan cooperative dengan model student team achievement divisions (STAD) dalam menyimak teks eksposisi. Jadi, pemberian treatment pendekatan cooperative dengan model student team achievement divisions (STAD) dapat memberikan peningkatan prestasi belajar pada pembelajaran menyimak teks eksposisi siswa.
References
Finoza, Lamuddin. (2007). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.
Keraf. (1982). Eksposisi dan Deskripsi. Ende-Flores: Nusa Indah.
Riyanto. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin. (2010). Cooperatif Learning. Penerjemah oleh Narulita Yusron.Bandung: Nusa Media.
Suhendar dan Supinah. (1997). Mata Kuliah Dasar Umum Bahasa Indonesia. Bandung : Pionir Jaya.
Subana dan Sudrajat. (2009). Dasar-dasar Penelitian.Bandung : Pustaka Setia.
Tarigan. (2008). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Copyright (c) 2021 Publisher STKIP Subang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.