MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS ANEKDOT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X SMK PLUS ULUMUL QURAN KUNIR TAHUN AJARAN 2019/2020

  • irpan maulana Universitas Mandiri
Keywords: Model pembelajaran, Think Pair and Share, Struktur teks anekdot

Abstract

Pembelajaran dapat tercapai dengan baik apabila guru mampu memilih model pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini, peneliti mengujicobakan model pembelajaran Think Pair and Share pada Siswa kelas X OTKP SMK Plus Ulumul Quran Kunir dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks anekdot. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot? Bagaimana peningkatan kemampuan mengidentifikasi struktur teks anekdot setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share? pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot, mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share, dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi struktur teks anekdot. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimen melalui one group pretest posttest design. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelasĀ  X OTKP SMK Plus ulumul Quran Kunir. Hasil peelitian sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share kemampua siswa masih kurang, karena nilai rata-ratanya 63,71, sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Think pair and Share mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 86,14. Sehingga model Think Pair and Share menunjukan pengaruhnya dalam pembelajaran mengidentifikasi struktur teks anekdot.

References

Afandi,M. dkk, (2013) Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah [online]. Semarang : Unissula Press. Tersedia : http://9230susun_ISI_DAN_DAFTAR_PUSTAKA_BUKU_MODEL_edit_ [08 Juli 2019]
Arikunto,S. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Fatimah,N. (2015) Implementasi Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share dalam Pembelajaran Bercerita di Sekolah Menengah Pertama [online]. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 16, No 2, Agustus 2015: 90-98 . Tersedia : http://Journalis.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/download/1862/1309 [02 Juli 2019]
Heriawan,A. dkk, (2012) Metodologi Pembelajaran Kajian Teoretis Praktis. Banten : LP3G
Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014) Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V (2016)
Kosasih,E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung : Yrama Widya
Nurgiyantoro, Burhan (2014). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Priyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo : Zifatama Publishing
Rahman (2016). Model Mengajar dan Bahan Pembelajaran. Jatinangor: Alqaprint
Rusman (tanpa tahun). Pendekatan dan Model Pembelajaran [online]. Tersedia : http://file.upi.edu/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/196209061986 011-AHMAD_MULYADIPRANA/PDF/Model_Pengembangan_ Pembelajaran.pdf [01 Juli 2019]
Sari dkk. (2017) Analisis Struktur dan Kaidah Kebahasaan Tek Anekdot dalam Buku Mati Ketawa Cara Daripada Soeharto Sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. [Online] e-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol:7 No:2 Tahun:2017, tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id [05 Agustus 2019]
Setiawati,D. (2016) Pembelajaran Menulis Teks Anekdot dengan Menggunakan Media Gambar Karikatur pada Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 2 Subang Tahun Pelajaran 2016-2017. Skripsi Sarjana PBSI STKIP, STKIP Subang : tidak diterbitkan
Shoimin,A (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz Media
Sugiyono, (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Suherli dkk, (2017) Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Published
2021-06-21