MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSEMPLUM DENEGAN MENGGUNAKAN METODE BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 SUBANG

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSEMPLUM DENEGAN MENGGUNAKAN METODE BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 6 SUBANG

  • Diana Fungki STKIP Subang
  • julianto_usher ANTO STKIP Subang
Keywords: : Learning to Write Exemplum Texts, Problem-Based Learning Methods, Classroom Action Research Methods.

Abstract

Writing skills don't just come, but with continuous practice. Skills for writing have many benefits in life. The writing tradition must increase training to train and skills in a written work. This study aims to answer the question: how is the problem-based learning method that can improve writing

Keterampilan menulis tidak datang begitu saja, tetapi dengan latihan yang berkelanjutan. Keterampilan menulis mempunyai banyak manfaaat bagi kehidupan. Tradisi menulis harus secara kontinu dilatih untuk melatih intelektual dan keterampilan dalam membuat suatu karya tulis. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan: bagaimana metode pemebelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan menulis teks eksemplum peserta didik di kelas IX D SMP Negeri 6 Subang. Metode pembelajaran berbasis masalah merupakan suatu metode pembelajaran berbasis masalah dirancang dengan tujuan untuk membantu peserta didik menjadi berpikir mandiri, inisiatif, kreatif, dan kritis dalam pembelajaran teks eksemplum. Empat prinsip penting dalam pembelajaran berbasis masalah, yaitu partisipasi, pengetahuan,  kenterampilan, dan umpan balik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diujicobakan dua siklus. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh data bahwa kemampuan menulis teks eksemplum dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah terhadap peserta didik di kelas IX D SMP Negeri 6 Subang mengalami peningkatan. Pada siklus kesatu peserta didik di kelas IX D memperoleh nilai rata-rata menulis teks eksemplum, yaitu 55,4. Kemudian, pada siklus kedua peserta didik di kelas IX D mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata, yaitu 80,6. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa metode berbasis masalah terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksemplum di kelas IX D. Kemudian, dari standar nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) terbukti semua peserta didik dapat melampaui nilai KKM.

References

Akhadiah, Arsjad, dan Ridwan. (2003). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwasilah, Suzanna. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung : PT Kiblat Buku Utama.
Aqib, Zaenal. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsono, dan Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Pengajaran Berbasis Masalah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Finoza Lamuddin. (2007). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Diksi Insan Mulia.
Keraf. (2010). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Nurgiyantoro, Burhan. (2010). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Ratnaningsih. (2003). Pengembangan Kemampuan Berfikir Matematik Siswa SMU Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak Diterbitkan.
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Sukidin,dkk. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta :Insan Cendikia.
Sukardi. 2008. Metedologi Penelitian Pendididkan. Jakarta . Bumi Aksara.
Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Teknik Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Universitas Pendidikan Indonesia. (2009). Bahasa dan Sasatra dalam Presfektif Pendidikan. Bandung: UPI.
Universitas Pendidikan Indonesia. (2009). Bahasa dan Sastra Indonesia di tengah Arus Global. Bandung: UPI.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif; Suatu Tinjauan Konseptual Oprasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Zabadi dan Sutedjo. (2015). Bahasa Indonesia. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2021-06-21