The PENGGUNAAN MEDIA BERITA TV UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUSN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK ICB CINTA WISATA BANDUNG

  • desti kusmayanti stkip subang
Keywords: Media Berita TV, Menulis, Teks Eksposisi

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar. Media berita TV mampu memberikan Informasi secara audio visual kepada siswa sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa untuk belajar konsentrasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penggunaan media berita TV pada materi menulis teks eksposisi dan  mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest posttest. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X UPW SMK ICB Cinta Wisata Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa lembar soal serta lembar observasi sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media berita TV dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretes dan postes, jumlah nilai kelas pretes dan postes, mengetahui nilai maksimum dan nilai minimum, dan menguji hipotesis mengunakan Paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretes sebesar 53,7 dan rata-rata postes sebesar 75,4. Peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa setelah digunakannya media berita TV sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probalitas atau Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Besarnya peningkatan ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretest dan postest sehingga ada peningkatan pembelajran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian media berita TV dapat dijadikan  alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran menulis teks eksposisi.

 

References

Alwasilah, (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama.

Chaer, Abdul. (2012). Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawan dan Yaniawati. (2014). Metode Penelitian. Bandung: PT Refika Aditama.

Keraf, G. (1995). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.

Kosasih, E. (2014). Jenis-Jenis Teks. Bandung: YRAMA WIDYA.

Marahimin. Ismail. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya

Nurhadi. (2004). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Ruseffendi. (1998). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta lainnya. Semarang: CV. IKIP Semarang

Sadiman, Arief S dkk. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Subana. H. M. (2011). Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Sugiyono, 2009 . Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sutisno, P.C.S. (1993). Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video. Jakarta: PT. Grasindo.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Published
2020-12-05