PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN MEDIA FLIP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA SISWA KELAS V MI PIM MUJAHIDIN BAGENG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model discovery learning dengan media flip book terhadap literasi sains siswa kelas V MI PIM Mujahidin Bageng. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di kelas V MI PIM Mujahidin Bageng dengan subjek penelitian 20 siswa. Metode yang digunakan yaitu metode pre-eksperimental design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Pada rancangan ini dilakukan pretest sebelum perlakuan dan posttest setelah perlakuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Sampling Jenuh (sensus). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik MI PIM Mujahidin Bageng. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain.
Metrics
References
Diani, R., Hartati, N. S., & Email, C. A. (2018). Flipbook berbasis literasi Islam : Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.
Fakhriyah, F., Masfuah, S., Roysa, M., Rusilowati, A., & Rahayu, E. S. (2017). Student’s Science Literacy In The Aspect Of Content Science ? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81–87. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i1.7245
Haryanto, Asrial, Ernawati, M. D. W., Syahri, W., & Sanova, A. (2019). E-Worksheet Using Kvisoft Flipbook : Science Process Skills And Student Attitudes. International Journal Of Scientific & TechnologiyResearch, 8(12), 1073–1079.
Hotang, L. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 3 SMA N 6 Pekanbaru Semester Genap. Physics Education Research Journal, 1(1), 56–68.
Julaeha, S., & Erihardiana, M. (2022). Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4, 133–144. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i1.449
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Jurnal Edukasi Dan Sains, 3, 312–325.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 2189–2198.
Masfiyah, L., Rufi’i, & Harwanto. (2019). Studi Komparasi Penerapan Model Guided Discovery Learning dan Inquiry Learning terhadap Retensi Matematika. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(3), 524–528. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.716
Masfuah, S., & Fakhriyah, F. (2017). Developing The Understanding Of Scientific Concept Based On The Aspect Of Science Literacy For Students Of Elementary School Education Program Through The Applicatin Of Project Based Learning. Unnes Science Education Journal, 6(3), 1708–1716.
Narut, Y. F. (2018). Efektivitas Modul Sistem Pencernaan Berbasis Nature Of Science ( NOS ) dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 257–266.
Nurfadillah, Cahyana, W., & Putra, D. P. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Flipbooks dalam Pembelajaran Fisika untuk Melatih Keterampilan Metakognisi Siswa SMAN 10 Gowa. Jurnal Pendidikan MIPA, 12, 29–34.
Rahima, A. N., Ridha, M. . R., & Patahuddin. (2022). Penerapan Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Soppeng 2021 / 2022. Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan Dan Pendidikan Sejarah, 20(2), 40–55.
Sudarsono, S., Zukhaira, & Busri, H. (2018). Flistabik (Flip Story Arabic Book) Untuk Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas V MI di Kabupaten Demak. Journal of Arabic Learning and Teaching, 7(1), 69–78. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Syaiful. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 11(1), 7–12. https://doi.org/10.33627/oz.v11i1.702
Wahyuni, D. (2017). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VB SD Negeri 004 Bukit Datuk Kota Dumai. E-Jurnalpendidikan, 1, 79–90. http://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/73
Wulandari, Y. I., Sunarto, & Totalia, S. A. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritisdan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIs I Sma Negeri 6 SurakartaTahun Pelajaran 2014/2015. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta, 8.
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 21–28.
Zaki, A., & Yusri, D. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran PKN di SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7, 809–820.