MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN MELALUI IHT DI SD NEGERI KEMBANGMALANG PADA TAHUN 2021/2022
Abstract
Study Action School this aim knowing is IHT could increase competence teacher in arrange question test in elementary Country Kembangmalang Kapanewon climbing . Implementation IHT on 8 teachers with details 6 teachers class and 2 teachers eye lesson.Study action school this use model cycle PTK Ridwan Abdullah et al . Draft study Kemmis & Mc Tags in do in elementary Country Kembangmalang Kapanewon climbing with amount teacher class and eye lesson as much 8 people, whereas implementation study action this consists from two cycle with method Descriptive quantitative.Results Study show exists enhancement competence teacher in arrange question test daily and in-house training effective . Thing this could seen from results implementation IHT 71.67% Becomes 86,67% , for nara source 72.22% Becomes 88.89%, for participant 69.2% Becomes 85.7%, for sarpras 66% Becomes 87.5% and for results / product question 70% Becomes 88.89% as taking data qualitative . And in results product the more increase as taking data quantitative . Enhancement competence teacher through IHT use also supported seriousness trainers for accompany and push participant , seriousness participant and diligent train , means which complement
Metrics
References
IHT giarti. (n.d.).
Juandi, A. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Pakaya, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik di SDN No . 93 Kota Utara Kota Gorontalo. 02(93), 931–938.
Yani, A., Hubungan, D. L., & Akademik, S. (n.d.). PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA SMA NEGERI 2 SENGKANG The Corelation Between Academic Supervision Of Supervisors And Teachers ` Knowledge On Assessment Of Learning Outcomes At Sma Negeri 2 Sengkang Akhmad Yani DL Nomor Pokok : 12B120.
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Anonim. (2005). PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Evaluation, 36(C), 2005–2008.
IHT giarti. (n.d.).
Juandi, A. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Pakaya, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik di SDN No . 93 Kota Utara Kota Gorontalo. 02(93), 931–938.
Yani, A., Hubungan, D. L., & Akademik, S. (n.d.). PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA SMA NEGERI 2 SENGKANG The Corelation Between Academic Supervision Of Supervisors And Teachers ` Knowledge On Assessment Of Learning Outcomes At Sma Negeri 2 Sengkang Akhmad Yani DL Nomor Pokok : 12B120.
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Menurut Sujoko dalam Giarti (2016:84) tentang implementasi TQM melalui In House Training untuk meningkatkan pedagigik guru SD, Tesis Magister Manajemen Pendidikan. FKIP-UKSW Salatiga.
Sudijono 2011 dalam S Lestari . Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan sukses Dalam Sertifikasi guru. Jakarta Raja grafindo persada
Arikunto 2010 dalam Sugiyono .2013. tentang Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan . Bandung
tisis-ariwibowo.2011 langkah dalam menyusun tes tipistipis.blogspot.com,2017,08
Cece Wijaya dalam Djam’an Satori dkk. 2009 : 2.17) Profesi Keguruan,
Depdikbud 1980. dalam Djam’an Satori 2010: 2.24
Suparlan, 2006, hlm. 93-95 yang dikutip oleh Yayang Maulana didownload 5/9/2021 13.55.
EDUKASIKU 12.2020 download 5/9/2020. 13.40.Mantaat Kompetensi Guru
M. Ngalim Purwanto (2019:96) yang dikutip oleh Harnieti 31/08/2021 6.12 IHT
Henry Simamora dalam Ambar T.Sulistiyani & Rosidah, (2003:174). ,Tujuan pendidikan dan pelatihan
PP Nomor 101 Tahun 2000 pendidikan dan pelatihan jabatan pegawai negeri sipil bahwa tujuan dan sasaran diklat
Menteri Dalam Negeri Nomor : 38 Tahun 2002 . Pendidikan dan pelatihan Prajabatan dan Kepemimpinan di jajaran Departemen Dalam Negeri
Sujoko 2012: 40; dan Danim 2011:94. Meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun materi pembelajaran dengan kegiatan IHT dengan langkah-langkah,
https:/jurnal.uns.ac.id. RD Astuti. Upaya peningkatan kompetensi guru dalam membuat soal hot melalui kegiatan iht (in house trainning) di sd negeri wonowoso tahun pelajaran 2019/2020
P Parni. 2020. Upaya meningkatkan keterampilan menyusun kisi-kisi penilaian melalui in house training. https://ejournal ressi.id.TER.article
Ahmad Supandi. 2019. Peningkatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui In House Training.
https:// jurnal.ugr.ac.id.jir.article
Erydawaty. 2021.Peningkatan Kemampuan Kompetensi Guru dalam Menulis Soal Hots Melalui Program IHT.https://rpp.com.index.php.jpp.article