MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN MELALUI IHT DI SD NEGERI KEMBANGMALANG PADA TAHUN 2021/2022

  • Sri Suharyanti SD Negeri Kembangmalang, Panjatan,Kulon Progo, D.I Yogyakarta, Indonesia
  • Rahmat Mulyono SD Negeri Kembangmalang, Panjatan,Kulon Progo, D.I Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Competence , Teacher, IHT, Preparation , Question ul wishful thinking

Abstract

Study  Action  School  this  aim  knowing  is IHT could  increase  competence teacher in  arrange  question  test in elementary Country  Kembangmalang  Kapanewon  climbing . Implementation IHT  on 8 teachers with  details 6 teachers class  and 2 teachers eye  lesson.Study  action  school  this  use model cycle PTK Ridwan Abdullah et al . Draft  study   Kemmis & Mc  Tags in do in elementary Country  Kembangmalang  Kapanewon  climbing  with  amount teacher class  and  eye  lesson  as much 8 people, whereas  implementation  study  action  this  consists  from  two  cycle  with  method  Descriptive  quantitative.Results  Study  show  exists  enhancement  competence teacher in  arrange  question  test  daily  and  in-house training  effective . Thing this  could  seen  from  results  implementation IHT 71.67% Becomes 86,67% , for  nara  source 72.22% Becomes 88.89%, for  participant 69.2% Becomes 85.7%, for  sarpras 66% Becomes 87.5% and  for  results / product  question 70% Becomes 88.89% as  taking data qualitative . And in  results  product  the more  increase  as  taking data quantitative . Enhancement  competence teacher through IHT use  also  supported  seriousness  trainers for  accompany  and  push  participant , seriousness  participant  and  diligent  train , means which complement

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anonim. (2005). PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Evaluation, 36(C), 2005–2008.
IHT giarti. (n.d.).
Juandi, A. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Pakaya, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik di SDN No . 93 Kota Utara Kota Gorontalo. 02(93), 931–938.
Yani, A., Hubungan, D. L., & Akademik, S. (n.d.). PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA SMA NEGERI 2 SENGKANG The Corelation Between Academic Supervision Of Supervisors And Teachers ` Knowledge On Assessment Of Learning Outcomes At Sma Negeri 2 Sengkang Akhmad Yani DL Nomor Pokok : 12B120.
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Anonim. (2005). PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Evaluation, 36(C), 2005–2008.
IHT giarti. (n.d.).
Juandi, A. (2019). Standar Penilaian Pendidikan. https://doi.org/10.31227/osf.io/munp2
Pakaya, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik di SDN No . 93 Kota Utara Kota Gorontalo. 02(93), 931–938.
Yani, A., Hubungan, D. L., & Akademik, S. (n.d.). PENGETAHUAN GURU TENTANG PENILAIAN HASIL BELAJAR PADA SMA NEGERI 2 SENGKANG The Corelation Between Academic Supervision Of Supervisors And Teachers ` Knowledge On Assessment Of Learning Outcomes At Sma Negeri 2 Sengkang Akhmad Yani DL Nomor Pokok : 12B120.
Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Menurut Sujoko dalam Giarti (2016:84) tentang implementasi TQM melalui In House Training untuk meningkatkan pedagigik guru SD, Tesis Magister Manajemen Pendidikan. FKIP-UKSW Salatiga.
Sudijono 2011 dalam S Lestari . Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan sukses Dalam Sertifikasi guru. Jakarta Raja grafindo persada
Arikunto 2010 dalam Sugiyono .2013. tentang Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan . Bandung
tisis-ariwibowo.2011 langkah dalam menyusun tes tipistipis.blogspot.com,2017,08
Cece Wijaya dalam Djam’an Satori dkk. 2009 : 2.17) Profesi Keguruan,
Depdikbud 1980. dalam Djam’an Satori 2010: 2.24
Suparlan, 2006, hlm. 93-95 yang dikutip oleh Yayang Maulana didownload 5/9/2021 13.55.
EDUKASIKU 12.2020 download 5/9/2020. 13.40.Mantaat Kompetensi Guru
M. Ngalim Purwanto (2019:96) yang dikutip oleh Harnieti 31/08/2021 6.12 IHT
Henry Simamora dalam Ambar T.Sulistiyani & Rosidah, (2003:174). ,Tujuan pendidikan dan pelatihan
PP Nomor 101 Tahun 2000 pendidikan dan pelatihan jabatan pegawai negeri sipil bahwa tujuan dan sasaran diklat
Menteri Dalam Negeri Nomor : 38 Tahun 2002 . Pendidikan dan pelatihan Prajabatan dan Kepemimpinan di jajaran Departemen Dalam Negeri
Sujoko 2012: 40; dan Danim 2011:94. Meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun materi pembelajaran dengan kegiatan IHT dengan langkah-langkah,
https:/jurnal.uns.ac.id. RD Astuti. Upaya peningkatan kompetensi guru dalam membuat soal hot melalui kegiatan iht (in house trainning) di sd negeri wonowoso tahun pelajaran 2019/2020
P Parni. 2020. Upaya meningkatkan keterampilan menyusun kisi-kisi penilaian melalui in house training. https://ejournal ressi.id.TER.article
Ahmad Supandi. 2019. Peningkatan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan guru dalam menyusun tes hasil belajar akhir semester melalui In House Training.
https:// jurnal.ugr.ac.id.jir.article
Erydawaty. 2021.Peningkatan Kemampuan Kompetensi Guru dalam Menulis Soal Hots Melalui Program IHT.https://rpp.com.index.php.jpp.article
Published
2022-12-15
How to Cite
Suharyanti, S., & Mulyono, R. (2022). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN SOAL ULANGAN MELALUI IHT DI SD NEGERI KEMBANGMALANG PADA TAHUN 2021/2022. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1417 - 1435. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.456