PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 11 SATAP PULAU MASALIMA LIUKANG KALMAS KABUPATEN PANGKEP
Abstract
Di era abad ke-21 yang penuh dengan kemajuan teknologi, pendidik diharapkan memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, dengan penggunaan multimedia interaktif sebagai metode efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi siswa dengan menggunakan wps office. Sampel pada penelitian adalah kelas VII dengan jumlah siswa 18 orang. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan angket. Teknik analisis data yang di gunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil Penelitian terdapat pengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Satap Pulau Masalima Liukang Kalmas Kabupaten Pangkep dapat dilihat dari analisis statistik deskriptif yang menunjukkan bahwa multimedia interaktif berada pada kategori sangat tinggi 76,98% dan pada pertemuan selanjutnya setelah diterapkan media wps office berada pada kategori 96,81%. Berdasarkan hasil hipotesis pada dengan uji t nilai 0,05 menunjukkan bahwa nilai α 0,05 dalam penelitian ini nilai signitifikan adalah 4.408 > 1.739 sehingga H0 di tolak dan H1 di terima. Berdasarkan hasil tersebut, di simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan multimedia interaktif dengan menggunakan wps office terhadap motivasi belajar siswa, sehingga multimedia interaktif baik di gunakan pada mata Pelajaran IPA.
Metrics
References
Akram, Nurindah & Nasir.. Pelatihan pengembangan Bahan Ajar Multimedia dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di desa Anrihua Kab. Bulukumba. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia. Vol. 2 No.1.
Andini, N. P. M. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41-51.
Cahyaningtias, dkk. (2022) "Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi." Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga 4.2 (2022): 55-62.
Firdha, dkk. (2022). "Penggunaan Spring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif." Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi (2022): 101-106.
Nadjal, B. Z., & Arif, Q. N. (2024). Penerapan Aplikasi WPS Office Sebagai Pembelajaran Alternatif Bagi Siswa SMK Muhammadiyah 3 Pekanbaru. Transformasi Masyarakat: Jurnal Inovasi Sosial dan Pengabdian, 1(2), 19-24.
Nurindah & Kasman. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 10. No. 1. (2021): 2..
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Universitas Narotama Surabaya. (2020). Tujuan Pendidikan Nasional Menurut Undang-Undang, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. (Online), https://narotama.ac.id/berita/detail/27599-tujuan-pendidikan-nasional-menurut-undang-undang,-mencerdaskan-kehidupan-bangsa#:~:text=Menurut%20Undang%2DUndang%20Nomor%2020,dan%20menjadi%20warga%20negara%20yang, diakses pada 16 Agustus 2024.