PEMAHAMAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM TERHADAP AKHLAK ANAK USIA DINI BERBASIS KECAKAPAN PENDIDIK ABAD 21
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh pendidikan karakter Islam terhadap akhlak anak usia dini dengan pendekatan kecakapan abad 21. Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan moral dan etika anak sejak usia dini. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan karakter dan memanfaatkan keterampilan yang relevan dengan era modern, penelitian ini mengkaji bagaimana pendekatan tersebut dapat membentuk akhlak anak-anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis Islam yang disesuaikan dengan kecakapan abad 21 dapat secara efektif meningkatkan perilaku positif dan moral anak usia dini. Temuan ini memberikan wawasan bagi pendidik dan orang tua tentang pentingnya integrasi nilai-nilai religius dan keterampilan modern dalam pendidikan karakter
Metrics
References
Herman, T., Hasanah, A., Nugraha, R. C., Harningsih, E., Ghassani, D. A., & Marasabessy, R. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Translasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1131–1150. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1276
Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527
Ibrahim Sirait. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 82–88. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i2.100
Juwita, D. R. (2018). At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah. 7(2).
Koni, S. M. A. (n.d.). Pendidikan Karakter Dalam Tinjauan Islam.
Laksana, S. D. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Education Technology The 21st Century.
Nurhidayah, A., Kurnianto, R., & Ariyanto, A. (2017). Faktor-Faktor Penyebab KrisisS Akhlak Dalam Keluarga(Studi Kasus Di Desa Galak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo). TARBAWI:Journal on Islamic Education, 1(01). https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i01.104
Nurhikmayati, I. (2019). Implementasi STEAM Dalam Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 1(2). https://doi.org/10.31949/dmj.v1i2.1508
Putri, A. (2022). Manajemen Akhlak dan Karakter Anak Usia Dini. Buhuts Al-Atfhal Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 2(2), 206–220. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.5823
Putri, M., Jasmienti, J., Iswantir, I., & Fauzan, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Akhlak Anak Putus Sekolah di Jorong Balai Cubadak Nagari Taram Kecamatan Harau Kabupaten Lima Puluh Kota. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 935–946. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.7
Ragil Dian Purnama Putri & Veni Veronica Siregar. (2021). Urgensi Menanamkan Akhlak pada Anak dalam Perspektif Pendidikan Islam. Heutagogia: Journal of Islamic Education, 1(2), 39–50. https://doi.org/10.14421/hjie.2021.12-04
Riami, R., Habibi Muhammad, D., & Susandi, A. (2021). Penanaman Pendidikan Akhlak pada Anak Usia Dini Menurut Ibnu Miskawaih dalam Kitab Tahdzibul Akhlak. Falasifa : Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 10–22. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.549
Rusmin B., M. (2017). Konsep Dan Tujuan Pendidikan Islam. Inspiratif Pendidikan, 6(1), 72. https://doi.org/10.24252/ip.v6i1.4390
Suryadi, R. A. (2021). Tujuan pendidikan Akhlak. 7.
Susanto, B. W., Mualif, A., & Zhafirah, A. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik. 12.
Universitas Khairun, Hamide, A., Alhadad, B., & Samad, R. (2021). Analis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Akhlak Pada Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 48–61. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2132
Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). 2(1).
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Zamroni, A. (2017). Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(2), 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544
Zubaidah, S. (n.d.). Memberdayakan Keterampilan Abad Ke-21 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.