ANALISIS MORALITAS TOKOH PADA KUMPULAN CERITA RAKYAT SI KABAYAN SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR MENYAMPAIKAN PESAN DALAM BUKU FIKSI DI SMA
Abstract
Penelitian ini berisi hasil analisis moralitas tokoh pada kumpulan cerita rakyat Si Kabayan sebagai alternatif bahan ajar menyampaikan pesan dalam buku fiksi di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil analisis yang berhubungan dengan masalah moralitas tokoh, pesan yang terkandung dari hasil analisis tersebut serta kegunaannya sebagai bahan ajar yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif sehinggga peneliti dapat menggambarkan penelitian secara jelas, sistematis dan utuh. Sumber data dalam penelitian ini yaitu kumpulan cerita rakyat Si Kabayan karya Achdiat K. Mihardja. Prosedur pengumpulan data menggunakan dokumentasi, triangulasi teknik dan analisis data. Simpulan dari hasil penelitian ini (1) Terdapat 4 data hasil analisis dari 3 judul cerita rakyat yang dipilih. Penelitian ini menunjukkan moralitas heteronom sebanyak 2 data dan moralitas otonom sebanyak 2 data. (2) Dari hasil analisis diperoleh 4 pesan yang terkandung dalam setiap judul cerita rakyat. Deskripsi pesan yang disampaikan peneliti berbentuk amanat yang sifatnya tersurat dan juga tersirat. (3) Data hasil analisis moralitas tokoh pada kumpulan cerita rakyat Si Kabayan karya Achdiat K. Mihardja dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia karena memuat KD. 3.11 menganalisis pesan pada buku fiksi yang dibaca.
Metrics
References
Arafat, G. Y. (2019). Membongkar isi pesan dan media dengan content analysis. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 32-48.
Fuaduddin, F. (2018). Problematika Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. eL-Muhbib: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 29-40.
Samsuri & Muchson AR. 2013. Dasar-dasar Pendidikan Moral (Basis Pengembangan Pendidikan Karakter). Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Sukirman, S. (2021). Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27
Yusanto, Y. (2020). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication (Jsc), 1(1).