ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MATARAM SEMARANG

  • Shafira Firdaus Sarjono Universitas PGRI Semarang
  • Muhammad Arief Budiman PGSD Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris secara luring pada masa pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Mataram Semarang tahun pelajaran genap 2021/2022 yang meliputi mekanisme, pendekatan, model, metode dan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu guru bahasa Inggris, kepala sekolah, siswa kelas III dan IV, serta orang tua siswa kelas III dan IV. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Inggris secara luring difokuskan untuk pemulihan learning loss dan literacy loss siswa melalui kegiatan reading, speaking, listening dan writing. Mekanisme pembelajaran bahasa Inggris secara luring pada masa pandemi Covid-19 terlaksana sesuai daftar periksa SKB 4 Menteri, kebijakan pemerintah daerah dan SOP pembelajaran luring masa pandemi Covid-19. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah pendekatan saintifik, model pembelajaran yang digunakan adalah model berbasis masalah dengan metode diskusi, tanya jawab, ceramah, bermain peran, tugas, serta media pembelajaran yang digunakan adalah media realita di ruang kelas, handbook dan kamus bahasa Inggris.

Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran bahasa Inggris

Metrics

Metrics Loading ...

References

Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Memilih Media Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Budiman, M. A., Widyaningrum, A., & Azizah, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Semarang, 44–55.
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Biomedica, 91(1), 157–160.
Fatoni, A. F., Tanjungsari, T., & Suprayitno, E. (2021). Bahasa Inggris Di Masa Pandemi: Kendala Pembelajaran Di SDN Aengdake 1 Sumenep. Jurnal Pendidikan Dasar. 9(1), 15–22.
Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125.
Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1783–1792.
Saputra, P. E. D., Nitiasih, P. K., & Paramarta, I. M. S. (2020). Kelas Daring Bahasa Inggris di Masa Pandemi: Sebuah Tantangan Pembelajaran. In Seminar Nasional Riset Inovatif 2020, 110-118.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi Blended Learning di Masa Pandemi COVID-19 untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50-61.
Vergoulis, T., Kanellos, I., Chatzopoulos, S., Karidi, D. P., & Dalamagas, T. (2022). BIP4COVID19: Releasing impact measures for articles relevant to COVID-19. Quantitative Science Studies, 2(4), 1447–1465.
Wakhyudin, H., Putri, A. D. S., Ismanto, H. S., & Rahmawati, I. (2020). Studi Analisis Guru Kelas Dalam Perencanaan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Pandean Lamper 02 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Semarang, 481–491.
Zati, V. D. A. (2020). Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring Bagi Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 10(3), 112-118.
Zalisman, Akhyar, Y., Simbolon, P., Fitri, A., & Purnamasari S. (2020). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Muatan Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 18–27.
Published
2022-07-01
How to Cite
Shafira Firdaus Sarjono, Arief Budiman, M., & Wakhyudin, H. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SECARA LURING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SD MATARAM SEMARANG . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 420 - 436. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.319