PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SD NEGERI 70 LAMURUKUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE

INDONESIA

  • Irna Irna Universitas Negeri Makassar
  • Muliadi Muliadi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
  • Sudarto Sudarto Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Keywords: Persepsi Guru, Kurikulum 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian iniadalah untuk mengetahui gambaran persepsi guru terhadap implementasi kurikulum 2013, adapun Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru kelas di SDNegeri70Lamurkung sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, persepsi guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone sudah diterapkan pada tahun 2017 tetapi dalam penerapannya masih ada kendala; kedua, problematika guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone masih memiliki hambatan penerapan pelaksanaan kurikulum. Faktor penghambat dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu kesulitan dalam penilaian, dalam segi pengadministrasian dan dalam pembelajaran; ketiga, solusi problematika guru dalam implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 70 Lamurukung Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone yaitu penerapan kurikulum 2013 membuat siswa sangat berperan aktif dalam pembelajaran, penyusunan silabus lebih mudah, penyusunan RPP menjadikan buku guru sebagai penunjang utama, penerapan metode pembelajaran mengantarkan siswa aktif dalam proses pembelajaran, penerapan model pembelajaran harus yang lebih menarik dan mengantarkan siswa aktif dalam proses pembelajaran, penerapan media pembelajaran diharuskan kreatif dalam membuat media pembelajaran, tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dalam pembelajaran dan pelaksanaan ujian semester disajikan berdasarkan tema.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif Jakarta Selatan: Referensi (Gaung Persada Press Group)
Satori, Djama’an & Aan Komariah. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Muliadi (2018). Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Aktivitas Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Prosiding 1, 1, 13–17.
Published
2022-07-04
How to Cite
Irna, I., Muliadi, M., & Sudarto, S. (2022). PERSEPSI GURU TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SD NEGERI 70 LAMURUKUNG KECAMATAN TELLU SIATTINGE KABUPATEN BONE: INDONESIA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 514 -519. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.304