PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD NEGERI 3 PENADARAN

  • Ade Dian Silvia PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Choirul Huda PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
  • Prasena Arisyanto PGSD FIP Universitas PGRI Semarang
Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada tema 7 subtema 1 di kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk True Experimental Design dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pupolasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran. Sampel yang diambil adalah sebanyak 34 siswa, dimana 17 siswa kelas kontrol dan 17 siswa kelas eksperimen. Data dalam penelitian ini diperoleh dari obbservasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian pada kelas kontrol, diperoleh nilai pretests terendah 37 dan tertinggi adalah 77 dengan rata-rata 55,18. Sedangkan nilai posttest diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 83 dengan rata-rata 67,71. Pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest dengan nilai terendah 33 dan nilai tertinggi 83 dengan rata-rata 56,24. Sedangkan nilai posttest terendah adalah 40 dan tertinggi adalah 97 dengan rata-rata 80,18. Berdasarkan analisis uji t polled varian, diperoleh nilai thitung diperoleh sebesar 2,90. Dengan db = n1+n2 – 1 = 33 dan taraf signifikan 5% = 0,05, diperoleh ttabel 2,035. Jadi thitung > ttabel = 2,90 > 2,035 jadi H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Subtema 1 Kelas 5 SD Negeri 3 Penadaran.

Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Metrics

Metrics Loading ...

References

Panje, M., Sihkabuden, S., & Toelioe, A. (n.d.). Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2016 Halaman: 1473≤1478 .
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pamungkas, T. 2020. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Guepedia.
Rian Vebrianto, M. R., Nurhadi, Mutia, D. A., & Ningsih, S. A. 2021. Problem Based Learning Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SD/MI. Bengkalis-Riau: DOTPLUS Publisher.
Rahmawati, D. 2018. Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 346-352.
Subekti, E. E. 2021. Buku Pegangan Kuliah Statistika.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakrta: Pustaka Pelajar
Anshori, M., & Iswati, S. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Edisi 1. Airlangga University Press.
Paningga, H., Listyarini, I., & Huda, C. (2019). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantu Media Audio Visual Terhadap Kedisiplinan Siswa. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 2(1).
Huda, C., & Susanto, J. Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Tema 8 Di SD Gondosari. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(3), 116-120.
Published
2022-06-27
How to Cite
Dian Silvia, A., Huda, C., & Arisyanto, P. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 5 SD NEGERI 3 PENADARAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 75 - 86. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.281