BERPIKIR SISWA REFLEKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH
Abstract
The purpose of this study is to describe the reflective cognitive reflective students' thinking process in solving fractional problems in terms of information processing theory. The type of research is descriptive exploratory with quantitative approach. This research was conducted in SD/MI. The subject of the study consisted of one student with a reflective cognitive style. Research instruments consist of MFFT test, TPM question, and interview guide. The results show that reflective students do not have a good ability in looking back, because they can not afford in retrieval to the mathematical concepts stored in long term memory.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa yang bergaya kognitif reflektif dalam menyelesaikan masalah pecahan ditinjau dari teori pemrosesan informasi. Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratory dengan pendekatan kualiatatif. Penelitian ini dilakukan di SD/MI. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa dengan gaya kognitif reflektif. Instrumen penelitian terdiri dari tes MFFT, soal TPM, dan pedomana wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa reflektif tidak memiliki kemampuan yang baik dalam melihat kembali, karena tidak mampu dalam retrieval terhadap konsep matematika yang tersimpan dalam long term memory.
Metrics
References
Bridewell, W & Bello, P.F. (2016). A Theory of Attention for Cognitive Systems. Advance in cognitive system, 1-16.
Cherry, E.C. (1953). Some experiment of the cognition of speech, with one and with two ears. The journal of the acoustical society of america, 25(5), 975-979.
Gordon, I.E. (2004). Theoris of Visual Perception. New York: Psychology Press.
Helgeson, S.L. (1992). Problem Solving Research inMiddle/JuniorHigh School Science Education. Columbus: Ohio State University
Hitipeuw. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.Gurbin, T. 2015. Enlivening The Machinist Perspective: Humanising The Information Processing Theory With Social And Cultural Influences. Procedia Social and Behavioral Science. 2331-2338.
Hoffman, D.D. (2009). The Interface Theory of Perception: Natural Selection Drives True Perception To Swift Extinction. Cambridge University Press.
Miles, M.B & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Moeleong, L.J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasriadi, A. (2016). Berpikir Reflektif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 15-26.
Ngilawajan, A.D. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent, Pedagogia, 2(1), 71-83.
Pudjono, M. (2015). Teori-teori Kelupaan. Buletin Psikologi, 16(2), 89-93.Hayati, I.N. 2015. Berpikir Pseudo Siswa dalam Memecahkan Masalah PISA. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana UM.
Puspita, A.Y.A. (2016). Profil Pemecahan masalah amtematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 3(5), 17-26.
Ratcliff, R & Mckoon, G. (1988). A Retrieval Theory of Priming in Memory. Psychological Review, 95(3), 385-408.
Rozencwajg, P. & Corroyer, D. (2005). Cognitive Processes in the Field Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451-464.
Sanjaya, W. (2014)). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Siratte, S.F.S & Yaumi, M. 2017. Perspektif Belajar Sebagai Landasan Psikologis dalam Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 20(1), 98-111.
Solso, R.L, Maclin, O.H dan Maclin, M.K. 2008. Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Galatea, C.K. 2016. Profile Of Mental Computation Of Elementary Pre-Service Teacher According To Reflective-Impulsive Cognitive Style. International Conference on Education (IECO) Proceeding. (Online).
Suparmi. (2010). Studi Meta Analisa: Strategi Rehearsal dan Memori Jangka Pendek. Jurnal Psikologi, 5(2), 289-310.
Puspita, A.Y.A. (2016). Profil Pemecahan masalah amtematika siswa pada materi segiempat ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 3(5), 17-26.
Warli. (2010). Profil Kreativitas Siswa yang Bergaya Kognitif Reflektif dan Siswa yang Bergaya Kognitif Impulsif dalam Memecahkan Masalah Matematika. Disertasi.