PENGGUNAAN GADGET PADA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
ABSTRAK
Masalah dalam peneliitian ini adalah pembelajaran daring menimbulkan banyak kendala motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru harus kreatif dalam mencipatkan inovasi pembelajaran melalui penggunaan gadget. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penagruh peggunaan gadget pada pembelajaran terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Populasinya populasi sebesar 643 orang peserta didik dan sampel sebesar 247 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan sampel sebanyak 247 responden peserta didik dan pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Metode penelitian menggunakan deeskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap motivasi belajar peserta didik. Motivasi belajar peserta didik sebesar 4,1% dan 95,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel penggunaan gadget. Hasil wawancara menunjukan bahwa kelemahan dari pembelajaran daring yaitu tidak semua peserta didik paham pada pembelajaran yang dilakukan guru, sehingga peserta didik kesulitan dalam memahami materi pelajaran, dan faktor lain yaitu ilingkungan belajar peserta didik yang kurang mendukung dalam pembelajaran daring.
Kata Kunci: gadget, motivasi belajar, pembelajaran daring
Metrics
References
Aziz Hussin, A. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92-98.
Badaruddin, Achmad. (2016). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. Jakarta: CV Abe Kreatifindo.
Dauyah, E. & Yulinar. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar bahasa inggris mahasiswa non-pendidikan bahasa inggris. Jurnal Serambi Ilmu. 19(2),196-209.
Denker, K. J. (2013). Student Response Systems and Facilitating the Large Lecture Basic Communication Course: Assessing Engagement and Learning. Communication Teacher, 27(1), 50–69.
Emda, Amna. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran.Lantanida Journal. 5(2), 93-196.
Fitriansyah, F. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Gadget Untuk Memotibasi Belajar Siswa SD. Cakrawala : Jurnal Humaniora Bina Sarana Informatika.
Gamar, M. M., Al Faruq, M. S., & Lina, L. (2018). Challenging the Indonesian Primary Education in Industrial Revolution 4.0 Era. 3rd International Conference on Education Management and Administration (CoEMA 2018), 269, 46–48.
Hudaya, A. (2018). Pengaruh gadget terhadap sikap disiplin dan minat belajar peserta didik. Jurnal Of Education. 4(2), 86-97.
Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E- Education). Jurnal Mikrotik, 2(1), 1–5.
Husnan, Fathul&Java Creativity. (2013). Buku sakti blogger. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Irfan, M. Nurasiah, S. & Rahayu, A, N. (2019). Pengaruh penggunaan media sosial (medsos) secara positif terhadap motivasi belajar siswa sd negeri perumnas kecamatan rappocini kota makasar. Jurnal Publikasi Pendidikan. 9(3), 262-272.
Mahfud, M.N., Wulansari Aprilya. (2018). Penggunaan Gadget Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Seminar Nasional Pendidikan UMS.
Manumpil, B., Yudi Ismanto, Franly Onibala. (2015). Hubungan penggunaan gadget dengan tingkat prestasi siswa di sma negeri 9 manado. Ejournal Keperawatan (e-Kep). 3(2), 1-6.
Mariskhana, K. (2018). Dampak media sosial (facebook) dan gadgetterhadap motivasi belajar. Jurnal. XVI (1), 62-67.
Muhasim. (2017). Pengaruh teknologi digital, terhadap motivasi belajar peserta didik. Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 5(2), 53- 77.
Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam memotivasi peserta didik. Jurnal kependidikan. 5(2),216-232.
Permendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). [Online]. Tersedia: http://pusdiklatkemendikbud.go.id/surat- edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanan-kebijakan- pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid- 1-9/ . Diakses dari laman web tanggal 18 April 2020.
Rahmawati, H.N., Iqom, M.K.B., dan Hermanto. (2017). Hubungan durasi penggunaan media sosial dengan motivasi belajar remaja. Jurnal Keperawatan. 5(2), 77-81
Sobon, K., Mangundap, J.M. (2019). Pengaruh penggunaan smartphone terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar di kecamatan mapanget, kota manado. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 3(1), 52-64