PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARANGTENGAH 4 NGAWI

  • Sofyan Susanto STKIP Modern Ngawi
  • Trio STKIP Modern Ngawi
Keywords: Model Pembelajaran, Hasil belajar, Make a Match

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar mengetahui model pembelajaran make a match berpengaruh atau tidak terhadap hasil mata pelajaran IPA belajar siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Ngawi. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif model eksperiman semu. Teknik Sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah siswa kelas kontrol dan eksperimen 5A dan 5B berjumlah 22 setiap kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prasyarat pengujian analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas data dan didapat hasil data bersifat normal dan homogen. Uji hipotesis data menggunakan uji independent sample t test menggunakan SPSS 25.0 diperoleh hasil Sig. (2-tailed) 0.00 < 0.05 dan diperoleh thitung 2,201 > ttabel 2,086. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut, maka dapat diketahui Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Karangtengah 4 Ngawi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Fathurrohman, M. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media. 87-88.
Mardhika, T.G, Khusniyah, T.W. (2021). Pelaksanaan Kurikulum KBK hingga Kurikulum 2013 di SDN Beran 4 Ngawi. 4(1), 13–17.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171-210.
Rahmah, N. (2018). Belajar Bermakna Ausubel. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 43–48.
Supardi, U. S. (2015). Arah Pendidikan Di Indonesia Dalam Tataran Kebijakan Dan Implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111-121.
Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan, Dan Hukum Islam, 14(2), 22-37.
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579
Published
2022-06-27
How to Cite
Susanto, S., & Gusti Mardhika, T. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN KARANGTENGAH 4 NGAWI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 22 - 29. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.230