ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU KAITAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN BENDUNGAN I CILEGON

  • Fenty Hindayanti Nurochmi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Patra Aghtiar Rakhman Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Peserta Didik, Kaitan Gaya Mengajar Guru dengan Motivasi Peserta Didik

Abstract

Gaya mengajar seorang guru menjadi pengaruh besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh informasi bagaimana gaya mengajar yang digunakan oleh guru serta kaitannya dengan motivasi peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang berfokus pada guru kelas III di SDN Bendungan I Cilegon dengan menggunakan teknik wawancara. Berdasarkan hasil temuan didapatkan bahwa gaya mengajar yang digunakan guru yaitu gaya mengajar yang bervariasi atau gabungan. Dengan begitu, motivasi belajar peserta didik tergolong cukup baik karena adanya kaitan antara gaya mengajar guru yang selalu bervariasi dengan motivasi belajar peserta didik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Buku :
Ali, Muhammad. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cet. V. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Jurnal :
Cahya, L. (2020, November). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 3 SDN Ngebruk 01 Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 461-471).
Ikhsanudin, M. (2017). Analisis Gaya Mengajar Dosen Tetap STKIP Nurul Huda Sukaraja. Al-I'tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 56-73.
Indah, N. (2019). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Jurusan Administasi Perkantoran Di Smk Nurul Qalam Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).
Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi mengajar guru dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482-490.
Nafian, A. (2017). HUBUNGAN GAYA MENGAJAR PERSONAL DAN INTERAKSIONAL TERHADAP PERKEMBANGAN KONATIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NU THOLIBIN TANJUNGKARANG JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (Doctoral dissertation, STAIN Kudus).
Nas, S. (2019). Pengaruh adversity quotient, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN se-kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.
Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. El Midad, 10(2), 98-111.
Rohmawati, D., Nisa, R., & Hasyim, H. (2023). Gaya Mengajar Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas II Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA', 4(01), 78-89.
Safari, M., Jaenudin, R., & Koryati, D. (2014). Analisa Gaya Mengajar Guru Ekonomi Di SMA Negeri Se-Kecamatan Lahat. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 1, 169-84.
Tahir, M., & Khair, B. N. (2023). Analisis Gaya Mengajar Guru Kaitan Dengan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Classroom Action Research, 5(1), 202-209.
Zai, E. P., Duha, M. M., Gee, E., & Laia, B. (2022). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 ULUGAWO. Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 13-23.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF, KUANTITATIF, ACTION RESEARCH, RESEARCH AND DEVELOPMENT (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Published
2024-08-15
How to Cite
Nurochmi, F. H., Patra Aghtiar Rakhman, & Siti Rokmanah. (2024). ANALISIS GAYA MENGAJAR GURU KAITAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN BENDUNGAN I CILEGON. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 65 - 76. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.2123