PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS TINGGI

  • Abdul Salim Wahid Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalia Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Concept Sentence, Keterampilan Menulis Puisi, Sekolah Dasar Kelas Tinggi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Concept Sentence. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap tindakan serta refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4B SDN Cibeureum Hilir 5 Kota Sukabumi sebanyak 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober s/d 22 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar observasi guru dan siswa, soal tes keterampilan menulis puisi. Teknik analisis data dilakukan secara teknik kuantitatif deskriptif. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 95 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 24 poin. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 14 poin. Hasil penelitian pra siklus menulis deskripsi memperoleh ketuntasan 22%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 50%. Pada siklus II terus meningkat mencapai ketuntasan 86%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas 4B meningkat melalui penerapan model Concept Sentence

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aqib, Z. dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Aqib, Z. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Penerbit CV Yrama Widya.

Djadjuri, D., Saepuloh, L. dan Rizal, S.U. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran (Jilid 1 Kurikulum). Bekasi: Cv Nurani.
Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mahsun. (2017). Metode Penelitian Bahasa. Depok: Rajawali Pers.
Padi, E. (2013). Kumpulan Super Lengkap Sastra Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Solihah, L.(2018). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung “. Jurnal Cakrawala Pendas Vol 4, No. 1 2018.
Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wardoyo, S. M. (2013). Teknik Menulis Puisi Panduan Menulis Puisi untuk Siswa, Guru dan Dosen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2021-01-20
How to Cite
Salim Wahid, A., Rizqia Amalia, A., & Azwar Uswatun, D. (2021). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS TINGGI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 392 - 405. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.158