PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS III SDN SIRNA JAYA

  • Egi Mohamad Sidik universitas muhammadiyah tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Yopa Taufik Saleh
Keywords: Model Make a Match, Talking Stick

Abstract

In the learning process, especially in mathematics in third grade students at SDN Sirna Jaya, it is known that they still lack understanding of fraction material, learning centered on lecture methods, which causes students to feel bored and uninterested in the material. Based on the results of the Pre-test there are still some that have not reached the Minimum Criteria for completeness set by the school for mathematics subjects with a weight of 70. The purpose of this study is to find out Make A Match learning, Talking Stick learning and know the comparison of learning models Make A Match and Talking Stick learning model in mathematics subject matter in fractional grade III at SDN Sirna Jaya. This research is a quantitative study while the research method is an experimental research. The results showed that there was a comparison of the Make A Macth learning model with the Talking Stick with the acquisition of a significance result of 0.023 <0.05 so that the conclusion H0 was rejected and H1 accepted.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Agus suprijono. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta. Pustaka Media.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.
Anggraeni, Dwi Nita. 2015. Pengaruh Good Corporate Goverenance Dan Earning Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Peserta CGPI Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2009-2013).
Aqib, Zainal. 2s013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahlan, M.D. 2010. Model-Model Mengajar.Bandung: CV. Diponogoro.
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.
Fatimah, Siti. 2009. Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: Darimizan Guru. Rajawali Pers, Jakarta.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok Bandung: Alfabeta.
Iskandar. 2013. Metodologi penelitian pendidikan dan sosial. Jakarta: Referensi.
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan:Media Persada. Jakarta: Gaung Persada Group. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Lahay, Nurhayati. “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango”. Jurnal PGSD FIP UNG.
Mardiana, S., & Arapu, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Smp Negeri 15 Kendari Pada Materi Lingkaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(3), 125-138.
Mariyaningsih, Nining dan Mistina Lidayati. 2018. Bukan Kelas Biasa (Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-kelas Inspiratif). Surakarta: Kekata Publisher.
Maula, M., & Rustopo, R. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar),2(2).
Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.Ramdhan. 2010. Sejarah Model Pembelajaran Talking Stick dalam (http://tarmizi.Wordpress.com/2010/02/15/talking-stick/).
Setyawati, Dewi. 2011. Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Metode Talking Stick dalam Model Learning Cycle Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di SMA N 5 Surakarta. [Jurnal]. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Suarni, E.S. 2012. Penerapan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPA di SMA Warga Bakti Cimahi. Bandung.
Sugiyanto.(2010). “Model-model Pembelajaran Inovatif”. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kwalitatif dan kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuwantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sundayana. 2016. Statistika penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suprapto. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru. Jakarta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013 Strategi pembelajaran: Teori & Aplikasi. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. (2011). Model pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan implementasinya Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Widoyoko, E.P. 2014. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winkel, W.S (2009). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
Yamin, Martinis.2013. Strategi dan Metode dalam Model Inovasi Pembelajaran.
Yusuf Zainal. (2015). Metode Penelitian Komunikasi Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Published
2021-01-01
How to Cite
Sidik, E. M., Permana, R., & Taufik Saleh, Y. (2021). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS III SDN SIRNA JAYA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 305 - 312. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.155