PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD

  • Deasy Rahmawati Universitas Langlangbuana
  • Ike Annita PGSD FKIP Universitas Langlangbuana
Keywords: Model Inkuiri Sosial 2, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

ABSTRACT

This aims of this study is to comprehend  the increase in the critical thinking skills of PGSD students through the implementation of social inquiry models in elementary social studies education courses. The population of this study were all 3rd semester students of the PGSD FKIP Unla study program. Sampling was carried out by using saturated sampling technique, where all members of the population were sampled, class A01 as a control class that applied conventional learning and class A02 as an experimental class that was treated with social inquiry learning models. The data in this study were obtained through the results of the pretest and posttest using the critical thinking essay test instrument. The results of this study indicate that there are differences in the increase in the critical thinking skills of PGSD students in the SD social studies course after the social inquiry learning model is applied. Beside that, the critical thinking skills of PGSD students in the Elementary Social Sciences Education course after applying the social inquiry learning model are better than the control class using conventional learning methods.

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD melalui penerapan model inkuiri sosial dalam mata kuliah pendidikan IPS SD.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 program studi PGSD FKIP Unla. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel, yaitu kelas A01 dijadikan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional dan kelas A02 dijadikan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran inkuiri sosial. Data yang dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pretes dan postes dengan menggunakan instrumen tes uraian berpikir  kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada mata kuliah Pendidikan IPS SD setelah diterapkan model  pembelajaran inkuiri sosial. Selain itu, kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD pada mata kuliah Pendidikan IPS SD setelah diterapkan model  pembelajaran inkuiri sosial lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Bremer, C.D. & Smith, J. (2004). Teaching Social Skills. National Center on Secondary Education and Transition Information Brief, 3 (5).
Bruce, Joyce; Weil, Marsha; Calhoun, Emily (2007). Models of Teaching edisi 6, Boston: Allyn and Bacon.
Ellaine. (2009). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung MLC.
Ennis, R. H. (1985). Logical Basic for Measuring Critical Thinking Skill. Education Leadership. Association for Supervision and Curriculum Development.
Fisher, Alec. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Inch, Warnick, Enders. (2006). Critical Thinking and Communication, Edisi 5. Waston : Pearson.
Ishak. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Tesis SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Johson, Elaine. 2002. Contextual Teaching & Learning Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: MLC.
Iskandar, Johan. (2001). Manusia Budaya dan Lingkungan: Kajian Ekologi Manusia. Bandung: Humaniora Utama Press.
Sapriya. (2011). Teori dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2012). Pendekatan Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sjamsuddin dan Maryani E. (2008). “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial.” Makasar: Makalah pada Seminar Nasional.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inofatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.dst.
Published
2020-12-31
How to Cite
Rahmawati, D., & Annita, I. (2020). PENERAPAN MODEL INKUIRI SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA CALON GURU SD. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 244 - 254. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.148