ANALISIS KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING

  • Taufiqulloh Dahlan Universitas Pasundan
  • Dadang Iskandar Universitas Pasundan
  • Deni Harmaen Universitas Pasundan
  • Hani Noerafifah Universitas Pasundan
Keywords: Cooperation, Project Based Learning Model, Students

Abstract

The purpose of this study is to describe the following: 1) The concept of the Project Based Learning model in increasing the cooperation ability of elementary school students; 2) Project Based Learning model strategy to improve elementary school student cooperation skills; 3) Cooperation between elementary school students with the Project Based Learning model. This study used a qualitative descriptive analysis with the type of literature study research or literature study). Sources of data used are primary and secondary data sources obtained from various sources of journals, books, theses, which have previously conducted research on the Project Based Learning model to improve the collaboration skills of elementary school students. Based on the results of the analysis of various journals using the Project Based Learning model there is an increase. Because, the Project Based Learning model is a learning model that gives students the freedom to build their own knowledge through problem solving activities carried out by the investigation process, gathering information to complete a project work carried out collaboratively or collaboratively and being able to produce a useful product.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai: 1) Konsep model Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 2) Strategi model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar; 3) Hubungan kerja sama siswa Sekolah Dasar dengan model Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka atau studi literatur). Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber jurnal, buku, skripsi yang sebelumya telah melakukan penelitian mengenai model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan kerja sama siswa Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis dari berbagai jurnal yang menggunakan model Project Based Learning terdapat peningkatan. Karena, model Project Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang memberi kebebasan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri melalui kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan dengan proses penyelidikan, pengumpulan informasi untuk menyelesaikan suatu pengerjaan proyek yang dilakukan secara kolaboratif atau kerja sama dan mampu menghasilkan suatu produk yang bermanfaat.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alawiyah, Iis, dkk. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan. ISSN: p.1412-565X (e.254-4135): 168-169 dan 172-173.
Dahlan, dkk. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa PGSD. JOurnal Of Research in Mathematics Learning and Education. 2(2548–2297), 55.
Dewi, Ni Wayan Eka Praba, dkk. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerja Sama Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak. E-journal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (3): 263-268.
Haryanti, Yuyun Dwi. (2020). Internalisasi Nilai Kerjasama Dalam Model Project Based Learning. Jurnal pendidikan Dasar. 1 (1): 5-8.
Inggriyani, Feby, dkk (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning Melalui Google Clasroom Melalui Pembelajaran konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan. Keguruan dan Pembelajaran, 3 (1): 30.
Haryanti, Yuyun Dwi. (2020). Internalisasi Nilai Kerjasama Dalam Model Project Based Learning. Jurnal pendidikan Dasar, 1 (1): 5-8.
Lestari, Kt Seni, dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini. E-journal Pendidikan Anak Usia Dini. 4 (2): 2-9.
Listiani, Siti Hana, dkk. (2018). Penerpan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pemanfaatan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidika Dasar ISSN: 2528-5564. Universitas Negeri Jakarta 25-29.
Magta, Mutiara, dkk. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kerja Sama Anak Kelompok A. Jurnal Mimbar Ilmu. 24 (2): 213-219.
Marza, Anggara, dkk. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerja Sama Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD . Jurnal Basicedu. 3 (2): 457 dan 460.
Na’imah, Nur Jannatu, dkk. (2015). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 9 (2): 1567-1571.
Nugraheni, Ernawati Setyo, dkk. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Kerja Sama, Dan Prestasi Belajar IPS Melalui Project Based Learning. Jurnal Sosialita. 10 (1): 2-4 dan 10-12.
Pratiwi, Ika Ari, dkk. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Metode Edutainment pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika. 8 (2): 178 dan 180.
Pratiwi, Rizi Agung. (2015). Project Based Learning Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi, 3 (5): 4 dan 8.
Sudibjo, Niko, dkk. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Menumbuhkan Perilaku Kreatif, Minat Belajar, Dan Kerja Sama Siswa. Journal Akademika, 4 (1): 3-5 dan 12. Retrieved From https://uia.e-journal.id/akademika/article/view/736.
Published
2020-12-31
How to Cite
Dahlan, T., Iskandar, D., Harmaen, D., & Noerafifah, H. (2020). ANALISIS KERJA SAMA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 234 - 243. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.142