ALTERNATIF PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NHT UNTUK MENUNJANG DALAM PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Attika Dwi Astuti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Aji Heru Muslim Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto
Keywords: alfternatif model pembelajaran, cooperative tipe NHT, studi pustaka

Abstract

Penggunaan model dan metode pada pembelajaran merupakan hal yang semestinya dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran terdapat metode pembelajaran yaitu menfokuskan pada tujuan pembelajaran yang akan dicapai. upaya yang dapat dilakukan dalam pencapaian kerberhasilan dalam proses kegiatan pembelajaran yaitu salah satu alternatifnya dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe NHT. Model pembelajaran cooperative tipe NHT merupakan model permbelajaran cooperative yang dalam penggunaanya di kombinasikan dengan metode Numbered Head Together (NHT). penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran cooperative tipe NHT sebagai sarana alternatif dalam penggunaan model untuk menunjang proses kegiatan  pembelajaran di sekolah dasar dengan menggunakan riset pustaka.  Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi literature dengan data yang disajikan berupa data kualitatif.

Kata kunci: alfternatif model pembelajaran, cooperative tipe NHT, studi pustaka.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Aji Heru Muslim, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan  dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Yudha Febrianta, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

References

Halim, Faizatul dan Devita Ayu. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Jenis - Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Dewantara. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 29 – 36.

Huda, M. (2019). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kholis, Nur. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 2(1), 69 – 88.

Leasa, M., & Aloysius D. C. (2017). The Effect Of Numbered Heads Together (NHT) Cooperative Learning Model On The Cognitive Achievement Of Students With Different Academic Ability. Journal of Physics: Conference Series, 795 (01), 1 – 9.

Mangesa, Riana T., dan Abdul Muis M. (2019). Mengoptimalkan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Makasar, 107 – 109.

Mulyana, Mutia A., Nurdinah H., dan Asep K. J. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 331 – 340.

Muslim, Aji Heru dan Nikmah Setyaningsih. (2019). Peningkatan Sikap Kerjasama Dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Sosiodrama Berbasis “ATONG” Pada Tema 8 Di Kelas IV SD N 1 Limpakuwus. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 02(2), 122-129

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media.

Syah, Arman. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 016 Bukit Timah Kecamatan Dumai Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 346 – 350.

Zed, M. (2016). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Published
2021-01-01
How to Cite
Astuti, A. D., Muslim, A. H., & Yudha Febrianta. (2021). ALTERNATIF PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NHT UNTUK MENUNJANG DALAM PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 313 - 321. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.132