PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN STAREGI REACT PADA MATERI PEMBAGIAN

  • Nina Nurhalimah UPI Kampus Tasikmalaya
  • Dindin Abdul Muiz Lidinillah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Oyon Haki Pranata Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
Keywords: Lembar Kerja Siswa, Educational Design Research, Contextual Teaching Learning, React

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa menggunakan model Contextual Teaching and Learning dengan strategi REACT pada materi pembagian. lembar kerja siswa membantu untuk menambah informasi mengenai materi dan konsep yang sedang dipelajari, Hal ini didasarkan pada hasil studi pendahuluan melalui wawancara yang telah dilakukan yang menunjukkan bahwa guru menggunakan Lembar Kerja Siswa untuk membantu dalam pembelajaran. Dengan Lembar Kerja SIswa yang dibuat secara menarik dan sistematis dapat membantu siswa untuk belajar lebih aktif baik secara mandiri maupun berkelompok, Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ke aktifan dan motivasi pembelajaran. Desain penelitian yang digunakan adalah model Educational Design Research (EDR) menurut McKenney & Reaves Penelitian ini melibatkan dosen,guru, dan siswa Sekolah Dasar. Lembar kerja siswa yang dikembangkan memuat konsep operasi hitung pembagian untuk siswa kelas II Sekolah Dasar serta isi dari lembar kerja siswa menghubungkan dengan model Contextual Teaching and Learning dengan strategi REACT yang terdapat pada kompetenasi dasar yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, rationale, and techniques for Improving Students Motivation and Achievement in Mathematics and Science. Texas: CCI Publishing.
David Glover. 2006. Pembelajaran Matematika. Grafindo Media Pranata. Jakarta.
Depdiknas.(2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Effendi. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. (3)1, 45-52.
Fannie, R ., & Rohati. (2014). Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier. Jurnal Sainmatika.8(1),96-109.
Kennedy.L. M. Tipps. & Stave. (1994). Guiding Childreā€™s Learning of Matematics. Bellmont. California: Wadsworth Publishing Company.
Lidinillah, D A M. (2012). Educational Design Research : a Theoretical Framework for Action. Universitas Pendidikan IndonesiaKampus Tasikmalaya.
Navarra, A. (2006). Achieving Pedagogical Equity in the Classroom. Cord Publishing
Nurdeni. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Perkalian Dan Pembagian Di Kelas II SD. Jurnal Formatif. 1(3),hlm 255-263.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Presiden Republik Indonesia.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Purwandi & Wahyuningtyas. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(3),hlm 163-170.
Reeves, T dan McKenney, S. (2013) Educational Design Research. Handbook of Research on educational Communication and Technology: Fourth edition (pp. 131-140). Diakes dari http://www.researchgate.net/publica tion/265092587_Educational_Design_ Research.
Reeves, T dan McKenney, S. (2013) Educational Design Research. Handbook of Research on educational Communication and Technology: Fourth edition (pp. 131-140). Diakes dari http://www.researchgate.net/publica tion/265092587_Educational_Design_ Research.
Rismawati.(2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SD Menggunakan Pembelajaran CTL. J-Pimat.(1)1, hlm 1-10.
Suangsih, E. & Tiurlina. (2010). Model Pembelajaran Matematika. Bandung:
Suwarto. (2017). Strategi Pembelajaran Operasi Bilangan Dengan Benda Konkrit. Jurnal Pendidikan Matematik. (5)3, hlm 285-293.
Zarkasyi.(2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Reflika Aditama. Bandung.
Published
2020-12-31
How to Cite
Nurhalimah, N., Abdul Muiz Lidinillah, D., & Haki Pranata, O. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING DENGAN STAREGI REACT PADA MATERI PEMBAGIAN. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 274 - 285. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.127