REKAYASA PEMBELAJARAN BERDASAR ANALISIS LINGKUNGAN DI TENGAH WABAH COVID-19

  • Yuni Wijayanti Mahasiswa
  • Sutama Sutama
Keywords: Kata Kunci: Covid-19, Pembelajaran, Profil Belajar

Abstract

corona virus disease (Covid 19) yang melanda seluruh dunia memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan khususnya di Sekolah Dasar. hal ini membuat sekolah harus mampu memberikan fasilitas yangbtepat yang sesuai dengan kondisi sehingga perkembangan anak di usia SD Ini yang masih sangat dinamis tetap dapat terjaga. Tujuan Penelitian ini adalah adanya database yang dapat di ambil untuk menentukan kebijakan lebih lanjut dalam penerapan rekayasa pembelajaran. Metodologi yang dipakai dalam penelitian ini adalah   Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang diperoleh dari survey dapat disimpulkan bahwa media belajar yang disukai siswa adalah media buku sebanyak 60%. Sedangkan tatap muka sebanyak 82%, Belajar dengan pendampingan sebanyak 62% sedangkan tugas yang diminati siswa adalah voice atau suara. Sehingga hal ini dapat membantu sekolah dalam menentukan pemetaan lebih lanjut bagi siswa.

 

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Sukoharjo: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hikmat1, Endang Hermawan2, Aldim3, Irwandi4. Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online, 2020. UIN Sunan Gunung Jati Bandung.
Tedi Priatna1, Wildan Baihaqi2, Asep Andi Rahman3, Yaya Sunarya4. Reformulasi Tugas dan Fungsi Guru Menghadapi Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, 2020. UIN Sunan Gunung Jati.
Published
2021-01-01
How to Cite
Wijayanti, Y., & Sutama, S. (2021). REKAYASA PEMBELAJARAN BERDASAR ANALISIS LINGKUNGAN DI TENGAH WABAH COVID-19. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 296 - 304. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.125