MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

  • Euis Anih STKIP Subang
  • Nurlaela Nurlaela STKIP Subang
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika.

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep merupakan salah satu tuntutan kurikulum yang perlu dicapai. Rendahnya pemahaman dan penguasaan konsep-konsep matematika salah satunya disebabkan oleh faktor siswa hanya menghafal konsep bukan dipahami dan metode yang digunakan guru dalam pembelajaran terkesan kurang menyenangkan bahkan membosankan. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Geams Tournaments siswa diharapkan tidak hanya menghafal konsep matematika tetapi betul-betul memahami konsep yang sedang dipelajari. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: 1) mengetahui pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah menggunakan kooperatif tipe TGT lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran cara konvensional, 2) mengetahui peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model kooperatif tipe TGT dan yang memperoleh pembelajaran konvensional, 3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Data dikumpulkan dari tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa berupa soal uraian dan angket siswa. Angket diberikan kepada seluruh siswa kelas eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain kelas eksperimen yaitu Pretes-Treatment-Postest sedangkan kelas kontrol yaitu Pretest-Postest. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikan α = 0,05 menunjukan bahwa pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan kooperatif tipe TGT lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan kooperatif tipe TGT teramasuk kategori sedang, sedangkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional peningkatannya termasuk kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukan bahwa siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan kooperatif tipe TGT.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2000). Sikap Manusia:Teori dan Pengukurannya. Jogjakarta: Pustaka Belajar.
Bied, M. (2011). Definisi Pemahaman Konsep Menurut Para Ahli.[Online]
Tersedia: www.MasBied.com.html. [27/11/2011 pkl.20:21].
Dahar, R.W. (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Depdiknas. (1994). Standar Kompetensi, Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas
Herdian. (2010). Kemampuan Penalaran Matematika. [Online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/tag/kemampuan-penalaran-matematika/. Html. [2011/11/27 pkl 20:30]
Kiranawati. (2007). Model Pembelajaran ARIAS. [Online]. Tersedia:
grupkn.wordpress.com/2007/12/22/model-pembelajaran-arias/-78k. Html [20 Februari 2012]
Mulyani, S.R. (2006). Pembelajaran Matematika melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Teams-Geams-Tournaments dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. STKIP Subang: tidak diterbitkan.
Nasrudin, E. (2008). Psikologi Pembelajaran. UIN Sunan Gunung Djati: Bandung
Nasution. (2006). Metoda Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara
Slavin, E.R. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Sukjaya dan Suherman. (1990). Evaluasi Pendidikan Matematika. Bandung: Wijayakusumah.
Published
2020-06-14
How to Cite
Anih, E., & Nurlaela, N. (2020). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS UNTUK PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 102 - 112. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.116