PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Wahyu Winarto STKIP Subang
Keywords: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Quantum Teaching, Pemahaman Konsep.

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Peneliti mempunyai alternatif untuk menyelesaikan permasalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching. Karena Quantum Teaching adalah pengubahan bermacam-macam interaksi yang ada di dalam dan disekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi-interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain, sehingga diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching dan apakah model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran IPA.  Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart. Dimana ada empat tahapan yang harus dilakukan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Priatna, A. (2013). Panduan Menuju Sekolah Bermutu. Bandung: Nurani Press.
Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
DePorter, B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: KAIFA.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Widodo, A , Wuryastuti, S, & Margareta. (2010). Pendidikan IPA SD.Bandung: UPI PRESS.

Kesuma, D., & Salimi, M. (2011). Indikator Capaian Kompetensi Pedoman dan Teori Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Bahan Ajar Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Sekolah Dasar). Bandung : Tidak diterbitkan.

Sari, G.P. (2014). Penerapan Model Quantum Teaching Melalui Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Romawi Siswa Kelas IV SDN VII Baturetno. (Tesis). Universitas Sebelas Maret. Semarang.

Setyastuti, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA Materi Proses Daur Air untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. (Skripsi). Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Published
2020-12-31
How to Cite
Winarto, W. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 221 - 222. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.115