Penerapan Reward dan Punishmen pada Proses Pembelajaran dalam Penguatan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar

  • Kartika Santi Pratiwi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Reksa Adya Pribadi PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin PGSD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: reward dan punishment, karakter disiplin, kegiatan pembelajaran

Abstract

Penelititan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward dan punishment pada proses pembelajaran dalam penguatan karakter disiplin. Dalam dunia pendidikan, disiplin sering kali masih diabaikan oleh peserta didik. Meskipun sekolah telah memasang dan menerapakkan tata tertib sekolah, nyatanya masih ada saja peserta didik yang berperilaku kurang disiplin. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa pentingnya penguatan karakter disiplin, dapat ditrapkan dengan cara memberikan penghargaan ataupun hukuman yang masih dapat ditolerir oleh peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur dengan analisis deskriptif. Penerapan penguatan karakter disiplin melalui reward and punishment pada proses pembelajaran di sekolah dasar tersebut berpengaruh dengan signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa karena siswa dapat melaksanakan pembelajaran dan menunjukan karakter disiplin dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.proses pembelajaran di sekolah dasar dapat meningkatkan karakter disiplin dalam menaati peraturan sekolah, dalam ketepatan waktu dan tentunya dalam poses pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Buku :
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Remaja Rosdakarya
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar
Sukmadinata, N.S (2017), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya
Usman, M. U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006, Cet. Ke-20.

Jurnal :
Agustina, N., & Mahatmaharti, A. K. (2020). Peran Guru Dalam Penguatan Karakter Disiplin Belajar Melalui Reward Dan Punishment. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 2, No. 1, pp. 459-466).
Julia, P., & Ati, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan kejujuran siswa. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(2), 112-122.
Mubarokah, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Penerapan Reward dan Punishment di MI NU Imaduddin Mejobo (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).
Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27-33.
Pribadi, R. A., Simanullang, M. R., & Karimah, S. N. (2021). Analisis Strategi Penguatan Disiplin Belajar Siswa SD Melalui Metode Reward dan Punishment. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9564-9571.
Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk penguatan pendidikan karakter pada peserta didik dengan penerapan reward dan punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69-73.
Rosyid, A., & Wahyuni, S. (2021). Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyyah. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 137-157.
Sari, D. A., Jamaludin, U., & Taufik, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di SD Unggulan Uswatun Hasanah. Attadib: Journal of Elementary Education, 3(1), 1-16.
Septembri, S. P. (2022). Implementasi Reward dan Punishment dalam Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di MI Ma'arif Mojorejo, Jetis, Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Ulinnuha, A. (2020). Penerapan reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Yestiani, D., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 41-47.
Published
2023-06-30
How to Cite
Pratiwi, K. S., Adya Pribadi, R., & Jamaludin, U. (2023). Penerapan Reward dan Punishmen pada Proses Pembelajaran dalam Penguatan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3582 -3591. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1042

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>