PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 JALAN CAGAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Wini Apriani STKIP SUBANG
  • irpan malana stkip subang
Keywords: Menulis, Cerpen, Mind Mapping

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran menulis sehingga kesulitan dalam mengembangkan gagasannya ke dalam sebuah tulisan dalam menulis cerpen, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak? 2) Bagaimanakah keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak? 3) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas XI SMA Negeri? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan menulis cerpen sebelum menggunakan metode mind mapping   pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak tahun ajaran 2019-2020. 2) Mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen sesudah menggunakan metode mind mapping    pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak tahun ajaran 2019-2020. 3) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan metode mind mapping   pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Jalancagak tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan metode  kuantitatif dengan menggunakan desain Pre-Experimental dalam bentuk One Group Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Rata-rata nilai pretest yaitu 54,21 dan rata-rata nilai posttest yaitu 77,33. Kenaikan nilai rata-rata yaitu 23,02. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode mind mapping    terdapat peningkatan dalam keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Jalancagak tahun ajaran 2019-2020.

References

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Aryuni. (2015). Pengembangan Metode Mind Mapp dalam Menulis Teks Cerpen pada Kurikulum 2013. Jurnal Riksa Bahasa, 1(2): 251-255.

Burhan, Nurgiantoro. 2014. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPF

Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia.

Darusman. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Jurnal Ilmiah,3(2): 168-170.

Kosasih. 2014. Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.

Maesaroh. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1): 154-155.

Masruroh, Ainun. 2017. Rambu-rambu Menulis Cerpen. Bantul: PT Anak Hebat Indonesia.

Samiudin. (2016). Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Studi Islami, 11(2): 114-115.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumardjo, Saini. 1986. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Tarigan, Henry. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Wahyuni. (2016). Perbandingan Unsur Intrinsik Dua Cerpen yang Terkandung dalam Kumpulan Cerpen Perasaan Ibu Karya K.Usman. Jurnal Bastra, 3(3): 4-9.

Published
2020-12-05