a KEEFEKTIVAN STRATEGI SQ3R DALAM MEMAHAMI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS Vll MTS NEGERI 1 SUBANG

  • julianto_usher ANTO STKIP Subang
Keywords: Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi, Strategi Pembelajaran SQ3R, dan Penelitian Eksperimen

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan siswa dalam membaca pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam memahami bacan teks laporan hasil observasi sehingga diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, yaitu melalui penerapan strategi SQ3R. Pembelajaran dengan strategi SQ3R merupakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang terdiri atas survey, question, read, recite, dan review. Melalui strategi pembelajaran ini diharapkan memudahkan siswa dalam proses pembelajaran membaca pemahaman teks laporan hasil observasi. Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman sebelum penerapan strategi SQ3R, (2) untuk mengetahui kemampuan membaca pemahaman setelah penerapan strategi SQ3R, (3) untuk mengetahui efektivitas strategi SQ3R dalam proses pembelajaran membaca pemahaman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E di MTS Negeri 1 Subang tahun pelajaran 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experiment dengan desain one-group pretest-postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu lembar tes kemampuan membaca pemahaman, lembar wawancara, lembar observasi, dokumentasi, dan perangkat pembelajaran. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada teks laporan hasil observasi siswa. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca pemahaman sebesar 15,98 dari hasil rata-rata sebelum penerapan strategi pembelajaran SQ3R, yaitu sebesar 55,83 dan sesudah pnerapan strategi SQ3R sebesar 71,81.

References

Anitah dan Supriyati. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Darmadi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harsiati, Titik, Dkk. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VII Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pusat Kurikulum: Kemendikbud.
Indrawan, R dan Yaniawati, P. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran untuk Manajemen, Pembangunan dan Pendidikan. Bandung: PT Refika Aditama.
Kosasih, H.E (2014). Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi, Struktur, dan Kaidahnya Serta Langkah Penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Nasution. (2003). Metode Research. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Purwanto. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rosidi, A. (2016). Pembinaan Minat Baca. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Rahyubi. (2012). Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Samsuddin, AR dan Damianti Vismaia S. (2015) Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Sanjaya. (2010). Strategi pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sutedi. (2011). Good Coporate Governance. Jakata: Sinar Grafika.
Published
2020-12-05